Facebook Alami Gangguan Terparah

Penulis: (BBC/Tes/I-2) Pada: Jumat, 15 Mar 2019, 05:20 WIB Internasional
 Facebook Alami Gangguan Terparah

AFP

JEJARING sosial Facebook kini mulai pulih dari gangguan yang berlangsung dalam 14 jam terakhir. Saat terjadi gangguan, sebagian besar produk di bawah Facebook tidak bisa diakses para pengguna di seluruh dunia.

Dua aplikasi pengiriman pesan dan situs berbagi gambar, Instagram, terkena dampak signifikan. Sejauh ini, manajemen Facebook belum memberikan penjelasan terkait dengan gangguan massal tersebut.

Sebagai informasi, Facebook terakhir kali mengalami gangguan berskala besar pada 2008. Saat itu jejaring sosial tersebut hanya memiliki 150 juta pengguna. Sangat berbeda dengan jumlah pengakses Facebook sekarang yang mencapai 2,3 miliar pengguna.

Gangguan yang melanda jaringan Facebook terjadi sejak Rabu (13/3) sore dan baru menunjukkan pemulihan nyata kemarin pagi. Sepanjang waktu tersebut, platform yang diandalkan banyak orang untuk berkomunikasi setiap hari tersebut, mayoritas tidak berfungsi.

"Kami memahami untuk beberapa saat banyak pengguna yang kesulitan mengakses aplikasi dari Facebook. Kami berupaya memperbaiki persoalan ini secepat mungkin," bunyi keterangan resmi Facebook yang diunggah melalui Twitter.

Terpantau pada kemarin pagi, selain aplikasi Facebook, media sosial Instagram pun mulai kembali normal. Menyikapi berbagai rumor yang berkembang, perusahaan menekankan gangguan yang terjadi bukan disebabkan serangan distributed denial of service, yakni sejenis serangan siber yang menyasar layanan dengan lalu lintas tinggi.

Layanan utama Facebook memang sudah berjalan normal, tetapi pengguna melaporkan kesulitan untuk mengunggah. Sementara itu, laman Instagram belum bisa diperbarui dan pengguna juga tidak bisa mengunggah gambar dan video. Aplikasi Whatsapp tidak lepas dari gangguan dengan laporan banyak pengguna gagal mengirimkan pesan atau konten lainnya.

Peta gangguan dari pihak ketiga mengungkapkan masalah yang dialami Facebook bersifat global. Situs Down Detector menyebut pengguna di wilayah Eropa dan Asia masih mengalami gangguan. Hal itu mengguncang Facebook, mengingat sebagian besar pendapatan perusahaan berasal dari iklan.

Sejauh ini manajemen perusahaan telah menelusuri potensi pengembalian dana bagi pengiklan. Selain itu, gangguan juga dilaporkan memengaruhi Facebook Workplace, yaitu layanan yang digunakan pelaku bisnis untuk berkomunikasi secara internal. (BBC/Tes/I-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More