PT Nusantara Regas Perkuat Sistem Keamanan

Penulis: (*/E-2) Pada: Jumat, 15 Mar 2019, 02:00 WIB Ekonomi
PT Nusantara Regas Perkuat Sistem Keamanan

ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

PT Nusantara Regas bersama Pertamina Trans Kontinental (PTK) mengadakan simulasi pengamanan pelabuhan dan kapal berstandar internasional atau exercise international ships and port facility securities (ISPS) code. 

Simulasi ISPS code yang digabungkan dengan latihan operasi search and rescue, evacuation, dan fire fighting tersebut digelar di Terminal Khusus (Tersus) Floating Storage Regasification Terminal (FSRT) LNG Nusantara Regas Satu yang terletak di area Teluk Jakarta, Kamis (14/3).

Rangkaian kegiatan yang dilakukan selama tiga hari tersebut diawali dengan upskiling dan sosialisasi ISPS code, simulasi table top exercise, dan diakhiri dengan gelar manuvra exercise ISP code. Sejumlah pihak seperti pekerja Nusantara Regas dan PTK, personel eksternal dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kepulauan Seribu, Satrol Lantamal III Jakarta, Polres Kepulauan Seribu, dan Basarnas Jakarta turut terlibat.

Direktur Utama PT Nusantara Re­gas Mochammad Taufik Afianto meng­ungkapkan simulasi ini merupa­kan upaya Nusantara Regas dalam mengimplementasikan ISPS code yang merupakan standardisasi kode internasional keamanan kegiatan perkapalan dan pelabuhan. Selain itu, ISPS code menjadi syarat layak atau tidaknya kapal dan pelabuhan tersebut untuk melaksanakan interaksi kegiatan pelayanan internasional.

“Exercise ISPS code menjadi wujud komitmen perusahaan dalam mematuhi iComply terhadap peraturan keamanan standar internasional,” kata Taufik.

Direktur Operasi dan Komersial PT Nusantara Regas Bara Frontasia menambahkan, selain mematuhi peraturan yang ada, latihan atau simulasi yang digelar untuk kedua kalinya ini diharapkan dapat menjadi sarana uji coba rancangan keamanan fasilitas pelabuhan Tersus FRST serta uji coba Pedoman Rencana Penanggulangan Keadaan Darurat (PRPKD) Nusantara Regas.

Sejak dioperasikan pada 2012, FSRT Nusantara Regas mampu memasok gas hingga 500 juta kubik per hari untuk tiga pembangkit listrik PLN yang memiliki peran utama untuk kelistrik­an DKI Jakarta dan sekitarnya, yaitu PJB Muara Karang, IP Tanjung Priuk, dan PJB Muara Tawar. (*/E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More