Gara-Gara Limbah Beracun, 100 Sekolah di Malaysia Ditutup

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Kamis, 14 Mar 2019, 11:15 WIB Internasional
Gara-Gara Limbah Beracun, 100 Sekolah di Malaysia Ditutup

Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee Malik -- AFP PHOTO / DEPARTMENT OF INFORMATION / MASZUANDI ADNAN

LEBIH dari 100 sekolah di Malaysia ditutup setelah limbah beracun dibuang ke sebuah sungai yang menyebabkan ratusan orang jatuh sakit, termasuk banyak anak-anak.

Sebuah truk diyakini membuang limbah tersebut di Negara Bagian Johor pada pekan lalu menyebabkan gas beracun menyebar ke seluruh wilayah sehingga mereka yang menghirup menunjukkan gejala keracunan seperti pusing dan muntah.

Lebih dari 500 orang, mayoritas pelajar, telah mendapatkan perawatan media setelah menghirup asap tersebu dengan lebih dari 160 di antara mereka dirawat di rumah sakit.

Tidak diketahui jenis racun di gas yang menyebar di dekat kota industri Pasir Gudang itu.

Baca juga: WNI di Brunei Darussalam Dapat Transportasi Gratis saat Pemilu

Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee Malik awalnya memerintahkan penutupan 43 sekolah di kawasan itu pada Rabu (13/3) sebelum mengumumkan jumlah itu telah berlipat ganda.

"Kementerian telah memerintahkan ditutupnya seluruh 111 sekolah di area Pasir Gudang," ujar Maszlee dalam sebuah keterangan resmi.

Tiga orang telah ditangkap pada awal pekan ini terkait pembuangan limbah beracun itu. Salah satu dari mereka akan segera disidangkan dan terancam hukuman lima tahun jika terbukti bersalah melanggar hukum lingkungan hidup. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More