Gandeng Petani Milenial Guna Tingkatkan Produksi Pertanian

Penulis: Lina Herlina Pada: Sabtu, 23 Feb 2019, 18:20 WIB Nusantara
Gandeng Petani Milenial Guna Tingkatkan Produksi Pertanian

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/wsj.

BALAI Besar Karantina Pertanian, akan mulai membangun packing house di empat kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel) dan menggandeng petani milenial untuk meningkatkan produksi pertanian.

"Jadi ada empat kabupaten, yakni Bulukumba, Jeneponto, Pinrang, dan Barru untuk bekerja sama, dalam rangka membuat produk-produk kita ini punya daya saing," ungkap Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Makassar, Hasrul, usai menghadiri acara Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian, di Pelabuhan Soekarno Hatta, Sabtu (23/2).

Baca juga: Ketua DPR Serahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian ke Petani Kebumen

Menurut Hasrul, target ekspor Sulsel mencapai 1.000 ton per tahun, namun sayangnya baru 100 ton yang bisa terlaksana.

"Sangat disayangkan peluang-peluang ini sudah kita buka selebar-lebarnya, sementara kita punya bahan baku masih kurang. Oleh karena itu nanti kami akan bersinergi dengan unit-unit pelaksanaan teknis dan dinas-dinas terkait," jelasnya.

Jadi packing house ini, lanjutnya Hasrul, bertujuan memberikan nilai tambah kepada produk pertanian. Dengan demikian, dalam melakukan ekspor nantinya, tidak akan terlalu sulit lagi untuk membuat keputusan untuk produk mana yang dianggap sudah layak ekspor.

"Nanti kita harapkan semua produk hortikultura seperti markisa, terong belanda, mangga, pisang, dan masih banyak lagi," tutupnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More