Paus Cuvier Bisa Tahan Napas 1 Jam

Penulis: MI Pada: Sabtu, 23 Feb 2019, 10:30 WIB Humaniora
Paus Cuvier Bisa Tahan Napas 1 Jam

ANDREW J READ

Para peneliti baru-baru ini memberikan catatan khusus mengenai perilaku menyelam paus paruh Cuvier di perairan Atlantik, AS. Mamalia air itu termasuk salah satu spesies menyelam paling dalam di bumi, tetapi menghabiskan sedikit waktu pemulihan di permukaan. Berdasarkan data terbaru, diketahui dari 5.926 penyelaman paus Cuvier yang direkam di Cape Hatteras, NC, menunjukkan mereka secara rutin menyelam lebih dari 1 mil sambil menahan napas selama lebih dari 1 jam. "Kedalaman selam mereka rata-rata sekitar 1.400 meter, berlangsung sekitar 1 jam. Mereka biasanya hanya menghabiskan sekitar 2 menit di permukaan," kata Jeanne Shearer, kandidat doktor di bidang ekologi di Duke University's Nicholas School of the Environment.

"Sungguh menakjubkan mereka bisa menyelam ke kedalaman seperti itu, menahan tekanan, dan berada di sana selama itu, dengan waktu pemulihan yang singkat," tambah Jeanne Shearer.

Selain penyelaman yang sangat dalam, data juga menunjukkan mereka menyelam hampir terus-menerus, dengan penyelaman dalam diikuti dengan 3-4 penyelaman dangkal yang mencapai sekitar 300 meter. Cara mereka terus-menerus menyelam ke kedalaman tanpa periode pemulihan yang lama itu masih merupakan misteri bagi para ilmuwan. (Sciencedaily/*/Rkp/L-2) 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More