Workshop Emisi Gas Rumah Bicarakan Mekanisme Pasar Karbon

Penulis: Dero Iqbal Mahendra Pada: Jumat, 22 Feb 2019, 13:11 WIB Humaniora
Workshop Emisi Gas Rumah Bicarakan Mekanisme Pasar Karbon

Dero Iqbal Mahendra/MI

KEMENTERIAN Koordinator Bidang Perekonomian melalui program Partnership for Market Readiness (PMR) Indonesia menyelenggarakan workshop tentang Sistem Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Perdagangan Emisi di Sektor Pembangkit Listrik dan Industri.

Workshop itu diselenggarakan mulai 19-21 Februari di Jakarta dan melibatkan lebih dari 60 peserta unsur-unsur pemerintah serta pihak swasta yang terkait.

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Montty Girianna berharap workshop tersebut dapat meningkatkan pemahaman pihak-pihak yang terlibat mengenai konsep-konsep penting dalam perencanaan dan penerapan mekanisme pasar karbon yang efektif, efisien dan sesuai dengan kondisi Indonesia.

Montty yang juga merupakan pengarah dari Tim Penyiapan Pasar Karbon Nasional dan program Partnership for Market Readiness juga menekankan pentingnya peningkatan pemahaman, pengetahuan, dan kapasitas teknis peserta dalam menghitung, melaporkan dan memverifikasi data emisi gas rumah kaca (MRV).

“MRV dalam implementasi perdagangan emisi, tidak dapat dipungkiri sangat penting karena integritas data emisi adalah pilar utama dalam penerapan perdagangan emisi," tutur Montty.

Baca juga: Kebijakan Pajak Karbon Dukung Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

Dengan isu pemanasan global saat ini telah menjadi perhatian seluruh negara di dunia, workshop itu juga bertujuan untuk menjembatani kerja sama selatan-selatan dalam pengendalian tingkat emisi gas rumah kaca. Sejumlah pembicara dari berbagai negara seperti Korea, Tiongkok, dan Thailand hadir untuk berbagi pengalaman terkait kebijakan pengendalian serta pengembangan mekanisme pasar karbon di negara masing-masing, khususnya sistem perdagangan emisi.

Untuk meningkatkan pemahaman peserta workshop akan sistem perdagangan emisi gas rumah kaca, pada akhir kegiatan workshop dilakukan simulasi yang diikuti para peserta guna lebih memahami bagaimana sistem tersebut bekerja. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More