PSN Efektif Tangkal Penyebaran DBD di Cianjur

Penulis: Benny Bastiandy Pada: Kamis, 21 Feb 2019, 14:40 WIB Nusantara
PSN Efektif Tangkal Penyebaran DBD di Cianjur

MI/Benny Bastiandy

MASIFNYA gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, cukup efektif menangkal penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hingga saat ini Dinas Kesehatan setempat mengklaim belum mendapat laporan jumlah penambahan kasus DBD.

"Sampai hari ini belum (ada laporan). Untuk penanganannya tetap kami prioritaskan PSN. Kalau fogging itu sifatnya kasuistik," terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar, Kamis (21/2).

Penyebaran DBD di Kabupaten Cianjur kurun 2 bulan terakhir tercatat sebanyak 90 kasus. Dua orang yang terjangkit DBD masing-masing warga Desa Sukamahi Kecamatan Sukaresmi dan Kelurahan Sayang Kecamatan Cianjur meninggal dunia.

"Kami terus menyosialisasikan gerakan PSN kepada masyarakat. Caranya dengan melakukan kegiatan 3M plus yakni menutup, menguras, dan mengubur ditambah PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat). Itu merupakan bagian dari upaya-upaya pencegahan," bebernya.

 

Baca juga: DBD Berulang karena Masyarakat tak Rutin Melakukan PSN

 

Karakteristik tempat penyebaran DBD rata-rata berada di wilayah perkotaan yang padat penduduk. Bahkan, kata Tresna, sekarang nyamuk Aedes Aegipty sudah mulai berkembang biak di daerah-daerah bersuhu dingin.

"Wilayah endemik rata-rata di perkotaan. Malah sekarang mulai terpantau berkembang biak di daerah-daerah dingin, seperti di Kecamatan Sukaresmi," tutur Tresna.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Cianjur, Neneng Efa Fatimah, menambahkan berbagai upaya sudah dilakukan Dinkes Kabupaten Cianjur menangkal makin merebaknya wabah DBD. Di antaranya menyebarkan surat ke semua puskesmas agar lebih memerhatikan upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan melaksanakan 3M plus.

"Di setiap rumah juga biasakan menebar abate dengan menaburkannya ke bak-bak air," tuturnya.

Upaya lain menangkal berkembangbiaknya jentik bisa dilakukan dengan menanam tanaman pencegah nyamuk. Misalnya tanaman pohon salam.

"Ada lima jenis tanaman yang bisa mencegah datangnya nyamuk. Itu bisa dimanfaatkan," tandasnya. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More