DIY Perlu Perda Bahasa Jawa

Penulis: (AU/N-2) Pada: Kamis, 21 Feb 2019, 02:15 WIB Nusantara
 DIY Perlu Perda Bahasa Jawa

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

KECENDERUNGAN saat ini budaya daerah termasuk di dalamnya ialah bahasa Jawa semakin dilupakan. ­Apalagi, di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang menjadi jantungnya kebudayaan Jawa.

Untuk memperkuat keberadaan bahasa Jawa, diperlukan peraturan daerah. Hal itu ditegaskan ­Kepala Balai Bahasa DIY, Pardi Suratno, dalam diskusi penyusunan Raperda Pelestarian Huruf dan Bahasa Jawa yang diselenggarakan di Gedung DPRD DIY, ­ Rabu (20/2).
Pardi membenarkan, saat ini penggunaan bahasa Jawa terus merosot. Bahkan, pelajaran bahasa Jawa sudah tidak mampu melahirkan anak-anak yang mahir berbahasa Jawa.

Menurutnya, perlu adanya revisi penggunaan huruf Jawa untuk kepentingan formal. Kebanyakan kini huruf Jawa hanya mengambil dari internet, yang kadang keliru. (AU/N-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More