KLHK Dukung Pergub DKI soal Pengurangan Penggunaan Plastik

Penulis: M. Ilham ramadhan Avisena Pada: Rabu, 20 Feb 2019, 20:11 WIB Humaniora
KLHK Dukung Pergub DKI soal Pengurangan Penggunaan Plastik

ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/kye/

KASUBDIT Barang dan Kemasan Direktorat Pengelolaan Sampah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ujang Solihin Sidik menyatakan mendukung adanya Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta soal pengurangan penggunaan plastik.

"Kami sangat mendukung, karena ini sejalan dengan pengolahan sampah ke depan, yang ingin kami tekankan, harus ada perubahan paradigma pengelolaan sampah di Indonesia," tuturnya usai menjadi pembicara dalam Uji Publik tentang Rancangan Peraturan Gubernur soal penggunaan kantong belanja ramah lingkungan yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta di Satrio Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (20/2).

Baca juga: Pergub Larangan Plastik Guna Meminimalisir Sampah di Jakarta

Ia menambahkan selama ini cara yang digunakan untuk mengelola sampah kurang tepat. Pasalnya, pengelolaan hanya dilakukan sebatas mengumpulkan dan membuangnya ke tempat pembuangan sampah.

"Kita ingin membangun paradigma pengelolaan sampah untuk mulai dari hulu nya, sejak dari sumbernya, kita harus mengurangi sampah. Selama ini, itu yang belum disentuh kebijakan kita," terang pria yang akrab disapa Uso tersebut.

Menanggapi soal tingginya jumlah sampah yang dihasilkan di Ibu Kota, Uso menyatakan, ini merupakan tantangan besar yang harus dihadapi pemerintah DKI Jakarta. "Ini tantangan besar, jumlah sampahnya itu tadi kan luar biasa, 7 ribu ton lebih satu hari. Ini butuh penanganan luar biasa. Jadi, urusan sampah ini menjadi penting sekarang ini," terangnya.

Dalam uji publik tersebut, ia menyatakan persoalan sampah akan jauh lebih baik dan murah dengan melakukan pencegahan timbulnya sampah mulai dari diri sendiri. "Mengatasi masalah sampah ini biayanya cukup besar, maka dari itu lebih baik dilakukan pencegahan timbulnya sampah dari diri sendiri," ujar Uso.

Lebih lanjut ia memaparkan beberapa langkah yang bisa digunakan untuk mengurangi jumlah sampah di Indonesia khususnya Jakarta.

Menurutnya, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memulainya dari diri sendiri dengan mencegah timbulnya sampah. Bila langkah tersebut dilakukan dan masih muncul sampah, maka kurangi jumlah penggunaan plastik yang berpotensi menjadi sampah baru.

Selanjutnya langkah ketiga yang bisa dilakukan ialah menggunakan kembali plastik yang ada. Keempat, gunakan plastik yang mudah didaur ulang atau terurai oleh proses alam. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More