Pengembalian Pajak Belanja Turis Asing bakal Dipermudah

Penulis: Nur Aivanni Pada: Selasa, 19 Feb 2019, 22:25 WIB Ekonomi
Pengembalian Pajak Belanja Turis Asing bakal Dipermudah

MI/ROMMY PUJIANTO

DIRJEN Pajak Robert Pakpahan mengatakan pihaknya akan memberikan relaksasi pengembalian Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi turis asing atau yang disebut dengan value added tax (VAT) refund for tourist.

"Jadi ada beberapa di pipeline yang sedang kita persiapkan. Salah satunya restitusi PPN bagi turis asing yang berkunjung ke Indonesia. Itu sedang disiapkan PMK-nya," kata Robert saat ditemui di Kantor Pusat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (19/2).

Untuk diketahui, aturan restitusi belanja turis asing di dalam negeri telah tertuang dalam PMK Nomor 76/PMK.03/2010. Dalam aturan tersebut disebutkan turis yang berbelanja dengan nilai PPN Rp 500.000 sampai dengan Rp 5.000.000 berhak mendapatkan pengembalian PPN.


Baca juga: Susun RAPBN 2020, Menkeu Minta Masukan dari Pengusaha


Namun, PPN yang dapat dikembalikan adalah PPN yang tercantum dalam satu faktur pajak khusus dari satu toko ritel dan pada tanggal yang sama. Dalam revisi PMK nanti, turis asing tidak lagi harus membeli di toko yang sama dan pada tanggal yang sama.

"Boleh minimal Rp 500 ribu kombinasi total Rp 5 juta bisa meminta refund walaupun berbeda tanggal, berbeda toko. Itu sudah membuat banyak restitusi," jelasnya.

Relaksasi pengembalian PPN tersebut dilakukan untuk lebih menarik minat turis asing berbelanja di Indonesia. Adapun revisi aturan tersebut akan rampung dalam waktu dekat.

"Segera. Mudah-mudahan ngga sampai sebulan lagi keluar karena sedang diharmonisasi," tandasnya. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More