Cuaca Ekstrem Tumbangkan Puluhan Pohon di Kota Malang

Penulis: Bagus Suryo Pada: Selasa, 19 Feb 2019, 20:20 WIB Nusantara
Cuaca Ekstrem Tumbangkan Puluhan Pohon di Kota Malang

ANTARA

HUJAN deras disertai angin kencang menumbangkan puluhan pohon di sejumlah jalan protokol Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (19/2).

Dampak bencana itu mengakibatkan dua orang mengalami luka serius setelah tertimpa pohon saat mengendarai motor di Jalan Cipto. Korban suami istri itu menjalani perawatan di rumah sakit. Pohon tumbang juga menimpa dua mobil yang parkir di Jalan Kartini dan Jalan Bandung.

"Personel tim reaksi cepat sudah melakukan penanganan, sekarang pembersihan lokasi agar arus lalu lintas lancar kembali," tegas Sekretaris BPBD Kota Malang, Tri Oki Rudianto, kepada Media Indonesia, Selasa petang.

Hujan deras disertai angin yang berlangsung sekitar satu jam sejak pukul 13.15 WIB tersebut menimbulkan dampak serius.

Data sementara yang dihimpun petugas reaksi cepat setidaknya ada 23 pohon tumbang yang menutup jalan raya, diantaranya di Jalan Bengawan Solo, Jalan Veteran, Jalan Kaca Piring, Jalan Surabaya, Jalan Bandung, Jalan Trunojoyo, Jalan Slamet Riadi, Jalan Urip Sumoharjo, dan Jalan Anggur.


Baca juga: Erupsi Gunung Bromo belum Berdampak pada Penerbangan


Pohon tumbang lainnya juga di Jalan Dr Cipto, Jalan Kahuripan, Jalan Bogor, Jalan Kartini, Jalan Gilimanuk, Jalan Kertanegara, Jalan Baluran, Jalan DI Panjaitan, Jalan Mawar Bungur, Jalan Mahakam, Jalan Semeru, Jalan dr Soetomo, Jalan Sultan Agung, dan sekitar Tugu Malang.

"Atap beberapa rumah warga di Kelurahan Samaan dilaporkan mengalami kerusakan ringan hingga sedang," katanya.

Pihaknya mengaku sudah menyalurkan bantuan, termasuk melakukan pembersihan dan evakuasi pohon. Sejauh ini, BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Malang terkait data jumlah pohon yang rawan tumbang.

Data itu dinilai sangat penting agar petugas terkait segera melakukan penanganan termasuk menginformasikan ke masyarakat agar berhati-hati saat hujan deras. Kewaspadaan sangat diperlukan mengingat potensi bencana akibat cuaca ekstrem berdampak pohon tumbang di kota setempat cukup tinggi.

"Saya sudah menyampaikan ke Dinas PUPR saat rapat koordinasi agar melakukan pendataan secara detail jumlah pohon yang sudah tua, rapuh dan rawan tumbang untuk selanjutnya melakukan penanganan," tuturnya. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More