Crowdfunding Permudah Masyarakat Jalankan Bisnis Franchise

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Selasa, 19 Feb 2019, 18:17 WIB Ekonomi
Crowdfunding Permudah Masyarakat Jalankan Bisnis Franchise

Dok. Baba Rafi

UNTUK memulai bisnis dibutuhkan uang yang tidak sedikit. Apalagi untuk bisa menjalankan usaha melalui franchise. Sering kali niat untuk berusaha jadi pupus lantaran harus ada modal yang besar untuk bisa menjalankan usaha dengan pola franchise.

Salah satu yang perusahaan yang terpikirkan soal itu, ialah PT Sari Kreasi Boga yang merupakan franchisor kebab Baba Rafi. Guna mempermudah masyarakat yang ingin jadi pemilik outlet Bab Rafi, Sari Kreasi Boga bekerja sama Bizhare dan menghadirkan skema urun dana (crowdfunding).

Urun dana bisa membuat masyarakat yang memiliki keterbatasan modal dapat menjalankan niatannya untuk berusaha. Skema baru kepemilikan tersebut akan diimplementasikan Baba Rafi di dua outlet terbaru berkonsep Container Smokey Kebab di Jakarta.

CEO Baba Rafi Nilam Sari mengatakan untuk outlet tipe Container Kebab, dibutuhkan dana sebesar Rp250 juta untuk bisa memilikinya. Tapi kini dengan metode crowdfunding Bizhare, investor bisa ikut bergabung memilikinya dengan memiliki modal minimal Rp5 juta.  

Nilam berharap dengan kerja sama tersebut, investor yang tertarik memiliki outlet kebab Baba Rafi tapi memiliki keterbatasan modal, bisa terbantu dengan model investasi gotonh royong yang ditawarkan Baba Rafi.

Baca juga: Qodau Gandeng 7 Master Franchise Pasarkan Premier Estate 2

"Para investor dapat menikmati pasive income setiap bulannya dari performa penjualan per outlet yang mereka investasikan. Tentu saja dengan pembagian laba secara merata sesuai dengan porsi kepemilikan saham," kata Nilam dalam keterangan tertulisnya.

Co-Founder Bizhare Heinrich Vincent mengatakan, startup miliknya sudah dikenal masyarakat dalam membantu mewujudkan wirausaha berbasis equity crowdfunding sebagai sumber permodalan. Karena itu, ia berharap kerja sama dengan Baba Rafi bisa membuat masyarakat lebih mudah dan ringan dalam memiliki usaha mandiri.

Ia pun memastikan keamanan investasi tersebut serta memastikan, tiap pemegang saham akan mendapatkan keuntungan sesuai prosentase kepemilikannya dalam investasi pada outlet Baba Rafi.

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan franchisor ternama seperti Baba Rafi. Melalui Bizhare, kami berharap masyarakat bisa berinvestasi bisnis dan meraih kebebasan finansialnya dengan modal mulai Rp5 juta saja," tandasnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More