Milenial Berperan Besar dalam Pertumbuhan Industri E-Commerce

Penulis: Haufan Hasyim Salengke Pada: Selasa, 19 Feb 2019, 15:07 WIB Ekonomi
Milenial Berperan Besar dalam Pertumbuhan Industri E-Commerce

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

INDONESIA merupakan pasar dengan pertumbuhan e-commerce yang menarik dari tahun ke tahun. Sejak 2014, lembaga riset Euromonitor mencatat, penjualan dalam jaringan (daring) di Indonesia sudah mencapai US$1,1 miliar.

Ketua Asosiasi perdagangan berbasis elektronik di Indonesia atau Indonesia E-commerce Association (iDEA) Ignatius Untung mengungkapkan data Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebut industri e-commerce lndonesia dalam 10 tahun terakhir meningkat hingga 17% dengan total jumlah usaha e-commerce mencapai 26,2 juta unit.

Pada tahun lalu, e-commerce di Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan sangat pesat dan diperkirakan akan terus meningkat seiring berkembangnya jumlah pengusaha dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

"Di samping data tersebut, potensi besar industri e-commerce di Indonesia juga dipengaruhi oleh gaya belanja online, terutama oleh generasi milenial," ujar Untung di Satrio Tower, Jakarta Selatan, Selasa (19/2).

Baca juga: E-Commerce Otomotif Incar Pasar Pulau Jawa

Dijelaskan lndonesia Millenial Report 2019, millenial sangat suka mencari perbandingan harga, fitur, program promo, dan kualitas produk di beberapa e-commerce sebelum memutuskan membeli sebuah barang. Para milenial juga tidak segan untuk merekomendasikan e-commerce atau toko daring favorit mereka kepada teman-teman mereka.

Untung menekankan, meskipun memiliki potensi yang besar, e-commerce di Indonesia masih memiliki beberapa tantangan, antara lain jumlah produk lokal yang masih kalah kuantitas dibanding produk-produk impor dan edukasi konsumen tentang transaksi berbelanja online yang aman. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More