Ditemukan, Gunung Lebih Tinggi dari Everest

Penulis: MI Pada: Selasa, 19 Feb 2019, 06:30 WIB Teknologi
Ditemukan, Gunung Lebih Tinggi dari Everest

MI/Seno

PENELITI menemukan gunung yang terletak 410 mil atau 600 kilometer di bawah permukaan Bumi.

Para peneliti dari Institut Geodesi dan Geofisika Tiongkok dan Universitas Princeton, Amerika Serikat, itu meyakini gunung di perut Bumi itu lebih tinggi daripada Gunung Everest.

Peneliti berhasil mengungkap itu dengan menggunakan data gelombang seismik dari gempa bumi berkekuatan 8,2 pada skala Richter (SR) di Bolivia pada 1994. Gempa bumi ini merupakan gempa terbesar kedua yang pernah tercatat.

“Topografi gunung bawah tanah lebih kuat daripada pegunungan Rocky atau Appalachia, berada di batas 660 kilometer,” ujar ahli geofisika, Wenbo Wu.

Data dari guncangan gelombang membuka ruang bagi ilmuwan untuk mempelajari jauh lebih dalam isi perut Bumi, termasuk memo-delkan data gelombang jenis topografi yang menyebabkannya tersebar sedemikian rupa.

“Mereka menemukan bahwa lapisan dalam Bumi sama rumitnya dengan apa yang kita amati di permukaan,” kata seismolog Christine Houser, asisten profesor di Institut Teknologi Tokyo. (Dailymail/Tes/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More