Dugaan Emil Melanggar belum Ada

Penulis: MI Pada: Sabtu, 16 Feb 2019, 09:05 WIB Nusantara
Dugaan Emil Melanggar belum Ada

MI/AKMAL FAUZI

BADAN Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Barat telah mendalami dugaan pelanggaran pemilu yang melibatkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) saat menghadiri deklarasi dukungan untuk pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Garut. Pendalaman dilakukan karena Bawaslu pusat telah melimpahkan laporan ini meski baru secara lisan. Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Abdullah mengatakan, melalui pendalaman yang dilakukan Bawaslu Kab Garut, diketahui bahwa kejadian itu dilakukan pada hari libur sehingga Emil tidak perlu cuti sehingga kehadirannya bukan sebagai pejabat negara, melainkan secara pribadi.

"Kajian sementara beliau hadir bukan sebagai Gubernur Jawa Barat, dilakukan pada hari libur, jadi tidak harus cuti," katanya di Bandung, kemarin. Meski begitu, dia mengaku pihaknya masih terus mendalami kasus ini. Salah satunya menyangkut potensi penggunaan fasilitas negara oleh Emil saat menghadiri acara itu. "Mobil dinas, protokol, nanti kita lihat," katanya. Selain itu, pihaknya tengah mendalami makna yel-yel yang dilakukan Emil saat menghadiri acara tersebut.

Dari Jawa Tengah, Gubernur Ganjar Pranowo, kemarin, akhirnya mendatangi kantor Bawaslu juga terkait dugaan pelanggaran kampanye saat deklarasi bersama 31 kepala daerah di Solo, beberapa waktu lalu. Dengan mengenakan pakaian adat Jawa, Ganjar datang ke kantor Bawaslu Jateng, Jl Papandayan Kota Semarang, sekitar pukul 12.45 WIB.

Setelah sekitar 1,5 jam, Ganjar keluar dari kantor Bawaslu. "Ya, sebenarnya undangan klarifikasi dari Bawaslu kepada saya ini baru besok Senin (18/2). Namun, karena hari itu ada acara, saya minta dimajukan hari ini," kata Ganjar. Bawaslu Jateng mengajukan beberapa pertanyaan terkait kegiatan di Hotel Alila Solo. "Tadi ditanya apakah kegiatan itu yang mengundang saya, saya jawab iya. Apakah benar yang diundang ialah kepala daerah, saya jawab tidak karena yang saya undang pribadi. Saya tunjukkan dari gawai saya kemudian di-capture," terangnya. (BY/HT/N-1)  

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More