DPR: APA Harus Fokus Pada Pembangunan Manusia

Penulis: micom Pada: Jumat, 15 Feb 2019, 15:10 WIB Internasional
DPR: APA Harus Fokus Pada Pembangunan Manusia

DPR
Anggota Delegasi DPR RI Aryo PS Djojohadikusumo

DPR RI mendorong Asian Parliamentary Assembly (APA) untuk fokus pada isu pembangunan manusia sebagai upaya memperkuat kapasitas kawasan dalam mengelola pertumbuhan global.

Hal tersebut menjadi upaya prioritas DPR RI dalam pertemuan 2019 APA Standing Committee for Social and Cultural Affairs yang digelar di Bangkok, Thailand, pekan ini. Sebelumnya muncul usulan-usulan draf resolusi baru yang berfokus pada aspek sosial manusia seperti: pemuda dan anak, usia tua dan pembangunan manusia.

Prioritas tersebut terlihat dalam posisi delegasi yang disampaikan dalam beragam pembahasan draf resolusi APA Standing Committee for Social and Cultural Affairs. Terdapat kurang lebih 10 draf resolusi dan 3 draf resolusi usulan baru yang menjadi pembahasan dalam pertemuan APA kali ini. Dalam pembahasan draf resolusi baru bertajuk Building Asian Individuals yang diusulkan Kuwait, DPR RI mengusulkan perubahan judul draf resolusi agar dapat sesuai konteks.

“Kami mengusulkan penggantian judul draf resolusi menjadi Human Development in Asia agar lebih sesuai konteks dari isi resolusi,” usul Anggota Delegasi DPR RI Aryo P.S. Djojohadikusumo, yang mendapatkan persetujuan dari Kuwait. Dalam pertemuan APA ini, Delegasi DPR RI dipimpin oleh Dwi Ria Latifa (F-PDI Perjuangan).

Pertemuan juga menggelar sesi khusus untuk Meeting of Asian Women Parliamentarians, yang menjadi momentum DPR RI untuk menggugah kesadaran para anggota parlemen perempuan untuk mengarusutamakan agenda-agenda yang dekat dengan perempuan dalam panggung politik. “Mereka yang berkuasa (termasuk anggota parlemen perempuan) harus memberi contoh bahwa kuasa mereka diwujudkan untuk membela hak-hak perempuan,” tegas Dwi Ria dalam pertemuan itu.

Pada akhir pertemuan, sebanyak 13 draf resolusi tersebut disepakati untuk kemudian dibawa ke Komite Eksekutif APA dan pada akhir 2019 disahkan dalam Sidang Pleno APA 2019. (RO/x11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More