Negeri di atas Awan yang Instagramable di Purwakarta

Penulis: Reza Sunarya Pada: Kamis, 14 Feb 2019, 17:30 WIB Features
Negeri di atas Awan yang Instagramable di Purwakarta

Ist

PURWAKARTA Jawa Barat menjadi pusat perhatian para wisatawan, dalam setiap tahunnya. Destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi selalu bertambah dan tersebar diberbagai titik kota hingga ke desa.

Destinasi wisata terbaru yang menarik untuk dikunjungi salah satunya ialah Hidden Valley Hills, sebuah Resort yang menakjubkan bagaikan negeri dongeng di atas awan. Hamparan Gunung Cupu, Gunung Parang dan Gunung Bongkok terlihat menawan menyejukan pandangan.

"Purwakarta kini menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat menarik, salah satunya hilden valley," Kata Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, olah raga, pariwisata dan Budaya Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar, Kamis (14/2).

Hidden valley hills resort dibangun berdasarkan inspirasi yang erat kaitannya dengan Legenda Pasundan, Ikon 7 Pilar Legenda Purba, serta Tugu Belanda Kuno Tahun 1898. Resort tersebut berada di ketinggian 362 mdpl, atau tingginya sama dengan Gunung Cupu.

Destinasi wisata Hidden valley hills resort menawarkan panorama alam pegunungan yang memanjakan mata. Dari atas bukit tertinggi akan terlihat pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Sebuah destinasi yang terbentuk dari inspirasi legenda yang ada, dan semua terangkum indah bagaikan serpihan surga di Purwakarta.

Fasilitas yang tersedia di hidden valley hills resort di antaranya, Hotel, Flying Fox, Elvis Bridge dan dilengkapi Swimming Pool di atas bukit yang memiliki sensasi seperti berenang di atas awan.

 

Baca juga: Tradisi Serak Gulo, Bukti Proses Akulturasi di Padang Sangat Kuat

 

Apabila ditelusuri, Legenda pasundan yang melekat di lokasi tersebut bisa dilihat melalui prasasti Telapak Kaki Kuda Terbang Sembrani. Kuda tersebut konon adalah tunggangan para dewa yang terlepas anting-antingnya dan jatuh di lembah sekitarnya. Akhirnya, tempat itu disebut Desa Cianting di mana Hidden Valley Hills Resort berada.

"Hilden valley sangat melekat dengan legenda pasundan  dan banyak cerita menarik," terang Heri Anwar.

Legenda lain yang meliputi tempat ini adalah Legenda Tujuh Bidadari yang sering turun ke tanah Pasundan untuk mandi di sungai. Salah satu bidadari yang bernama Nawang Wulang terpaksa harus menikahi seorang pemuda karena tidak dapat terbang bersama saudara-saudaranya karena selendangnya telah hilang.

Bertahun-tahun kemudian, Nawang akhirnya menemukan kembali bajunya yang hilang dan bisa kembali ke kahyangan. Sebagai pengingat, Nawang Wulan meninggalkan sebuah cupu perhiasan, yang menjadi asal Gunung Cupu yang sangat eksotik. Gunung Cupu terletak persis di hadapan Hidden Valley Hills Resort.

Cerita purba lainnya yang melekat pada Hidden Valley Hills Resort ialah Gunung Bongkok yang terdapat prasasti Kaki Raksasa di atas batu ukuran 3 meter di puncaknya. Selanjutnya ada Gunung Parang yang memiliki gua pertapaan raja-raja sunda termasuk Prabu Siliwangi dan Prabu Surya Kencana.

Secara kasat mata, lokasi Hidden Valley Hills Resort sendiri ialah tempat yang paling pas untuk menikmati keindahan alam yang terhampar dan untuk napak tilas kenangan kejayaan kerajaan nenek moyang orang Sunda di tanah Pasundan.

Tidak bisa dimungkiri bahwa landmark yang terhampar di hadapan Hidden Valley Hills Resort seperti Gunung Cupu, Gunung Bongkok, Gunung Parang, dan Sungai Citarum adalah batas abadi dari Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh Purba ( Sejak 670 Masehi atau Abad 7 Masehi), sehingga pantaslah lokasi ini layak di sebut Great Heritage of Hidden Valley Hills. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More