RI - Selandia Baru Kembangkan Kerja Sama Mitigasi Bencana

Penulis: Sonya Michaella Pada: Kamis, 14 Feb 2019, 11:50 WIB Internasional
RI - Selandia Baru Kembangkan Kerja Sama Mitigasi Bencana

Sonya Michaella/Medcom.id
Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya.

HUBUNGAN Indonesia dan Selandia Baru kini semakin erat. Salah satunya dibuktikan dengan digelar Forum Indonesia-Selandia Baru untuk pertama kalinya.
 
“Hubungan dua negara kini semakin erat dan kuat. Forum ini juga menunjukkan bahwa kita telah mencapai sejumlah tujuan bersama di 60 tahun usia hubungan diplomatik dua negara,” kata Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya di Jakarta, Kamis (14/2).
 
Sejumlah capaian tersebut antara lain hubungan kerja sama Indonesia-Selandia Baru dari kerja sama kemitraan strategis ke kemitraan komprehensif serta peningkatan nilai perdagangan bilateral antara dua negara hingga NZD2 miliar atau setara dengan Rp19,25 triliun. 

“Peningkatan jumlah turis serta frekuensi penerbangan langsung antara Auckland dan Denpasar dan peningkatan kerja sama pendidikan antar universitas dua negara dan bidang lain seperti penanganan bencana dan agrikultur,” ucap Desra.

 

Baca juga: Australia Buka kembali Tahanan Pencari Suaka
 
Menurut Desra, forum perdana ini sangat berguna untuk kelanjutan hubungan kedua negara. Pasalnya, topik yang diangkat pun berhubungan dengan sejumlah bidang yang menjadi fokus Indonesia-Selandia Baru seperti agrikultur, teknologi dan inovasi, kehutanan dan perikanan.
 
“Teknologi dan inovasi merupakan hal yang vital bagi Indonesia. Sangat penting bagi Indonesia agar bisa belajar soal dua hal ini dari Selandia Baru,” ungkapnya lagi.
 
Desra berharap, hubungan antar dua negara akan semakin meningkat ke depannya dengan diadakannya forum ini, terutama untuk mengeratkan hubungan antarwarganya.
 
Hal senada juga dikatakan oleh Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Trevor Matheson yang terus mendorong agar kerja sama dua negara semakin ditingkatkan.
 
“Saya berharap, Indonesia dan Selandia Baru terus bersahabat baik. Indonesia merupakan mitra penting kami di sejumlah bidang dan kami berkomitmen untuk terus membentuk kerja sama lain lagi yang menguntungkan,” tuturnya. (Medcom/OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More