Persidangan Bahar Smith Dipindahkan ke Bandung

Penulis: MI Pada: Kamis, 14 Feb 2019, 10:20 WIB Megapolitan
 Persidangan Bahar Smith Dipindahkan ke Bandung

ANTARA / Raisan Al Farisi

Mahkamah Agung (MA) menyetujui usul pemindahan lokasi persidangan dugaan penganiayaan dua remaja dengan tersangka Bahar bin Smith.

Lewat surat bernomor 24/KMA/SK/II/2019 tertanggal 7 Februari 2019 yang ditujukan ke Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Ketua MA menunjuk Pengadilan Negeri Bandung untuk memeriksa dan memutus perkara pidana itu.

"Kita yang mengusulkan agar dilakukan di Bandung. Itu sudah sepengetahuan dan hasil koordinasi dengan Kapolres Bogor, ketua PN, dan pimpinan daerah," ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Cibinong Bambang Hartoto.

Bahar ditetapkan menjadi tersangka pada 18 Desember 2018 dalam kasus dugaan penganiyaan terhadap remaja berinisial MHU, 17, dan ABJ, 18, di Pondok Pesan-tren Tajul Alawiyyin di Pabuaran, Kemang, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (1/12/2018). Ia dijerat dengan Pasal 170 KUHP dan/atau Pasal 351 KUHP dan/atau Pasal 80 UU No 35/2014 tentang Perlindungan Anak.

Atas kasus itu, Kejari Bogor mengusulkan agar persidangan kasus tersebut tidak digelar di PN Cibinong, Bogor, demi keamanan dan kelancaran jalannya persi-dangan. Dekatnya lokasi PN Cibinong dengan Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin milik Bahar dikhawatirkan akan berdampak pada persidangan.

"Dikhawatirkan nanti ada hubungan emosional antara santri dan gurunya. Jika hubungan emosional terbentuk, itu akan menimbulkan masalah sehingga kami mengusulkan untuk dipindahkan ke Bandung," jelas Bambang.

Jika digelar di PN Bandung, sambungnya, dengan jauhnya jarak pondok pesantren dengan lokasi sidang yang mencapai sekitar 187 km, kecil kemungkinan simpatisan Bahar ikut hadir di sana.

"Jadi ini semata-mata hanya untuk kelancaran sidang, termasuk keamanan di Kabupaten Bogor. Situasi kondisi di Kabupaten Bogor sendiri lagi kondusif. Cukup beralasan bagi kami untuk memindahkan tempat persidangan itu ke Bandung," ungkapnya.

Untuk pelaksanaan sidangnya, hingga saat ini belum ditentukan karena berkas perkara belum di-limpahkan ke PN Bandung.

"Sekarang masih dibuat konsep dakwaannya, nanti akan kita sampaikan," kata Bambang.

Karena persidangan akan dilaksanakan di Bandung, penahanan Bahar pun akan dipindahkan. Berikutnya dia ditahan di Polda Jabar. "Statusnya titipan tahanan dari kejaksaan," ujarnya.

Tim jaksa

Untuk kasus Bahar itu, imbuh Bambang, pihaknya sudah membentuk tim khusus dalam penyusunan dakwaan. Tim itu ialah gabungan jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Tinggi Bandung dan Kejaksaan Negeri Cibinong.

"Dari kejaksaan ada tim khusus, ada tim jaksa yang dibentuk. Kemarin awalnya 9 jaksa, ada tambahan lagi 1, jadi totalnya ada 10 jaksa. Kalau tidak ada aral melintang, Selasa depan sudah dilimpahkan ke PN Bandung, setelah itu kita gelar persidangan," pungkasnya.

Sebelumnya Bahar Smith juga sempat tersandung kasus dugaan ujaran kebencian. Ia dilaporkan komunitas Jokowi Mania (Joman) ke Polda Metro Jaya lantaran materi ceramahnya dinilai bermuatan ujaran kebencian dan menghina Presiden Joko Widodo. (DD/J-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More