Declan Rice Pilih Timnas Inggris Ketimbang Irlandia

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Kamis, 14 Feb 2019, 13:00 WIB Sepak Bola
Declan Rice Pilih Timnas Inggris Ketimbang Irlandia

Glyn KIRK/AFP

GELANDANG West Ham United Declan Rice, Rabu (13/2), mengumumkan bahwa dia telah memutuskan mengirimkan permohonan tertulis kepada FIFA untuk mengganti status internasionalnya dari Irlandia menjadi Inggris.

Pemain tengah berusia 20 tahun itu lahir di London namun bisa memperkuat Irlandia lewat kakeknya dan setelah bermain di tingkat junior sempat tiga kali memperkuat timnas senior Irlandia, semuanya di laga persahabatan.

Namun, setelah menembus skuat utama West Ham United dan selalu dimainkan pada musim ini, Rice memutuskan berpindah status internasionalnya menjadi Inggris.

"Sore ini, saya telah menelepon Mick McCarthy (manajer timnas Irlandia) dan Gareth Southgate (manajer timnas Inggris) dan memberi tahu mereka mengenai keputusan saya untuk mengajukan permohonan tertulis ke FIFA untuk mengganti status internasional saya dari Rep Irlandia menjadi Inggris," ungkap Rice lewat Twitter.

"Ini adalah keputusan yang teramat sulit dan sejujurnya bukanlah sesuai yang ingin saya lakukan di tahap ini dalam karier saya. Banyak hal yang telah terjadi selama beberapa tahun terakhir."

Baca juga: Dikabarkan akan Pindah, Icardi Kehilangan Ban Kapten

Rice mengaku menganggap dirinya memiliki banyak kewarganegaraan.

"Saya memiliki rasa hormat dan cinta yang sama untuk Inggris dan Irlandia. Karenanya, memilih timnas untuk saya wakili bukanlah hal mudah. Terutama bagi pemain muda yang tidak pernah menyangka akan berada di posisi seperti ini."

"Pada akhirnya, itu adalah keputusan pribadi yang saya buat berdasarkan hati dan kepala saya, berdasarkan apa yang saya rasa terbaik untuk masa depan saya."

"Kebanggaan saya mengenakan jersey timnas Irlandia selalu 100%. Adalah sebuah kehormatan bagi saya dan keluarga saya untuk melakukannya," ungkap Rice. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More