Serangan Infrastruktur Diyakini tidak Mempan

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Kamis, 14 Feb 2019, 10:15 WIB Politik dan Hukum
Serangan Infrastruktur Diyakini tidak Mempan

MI/MOHAMAD IRFAN

CALON presiden nomor urut 01 Joko Widodo dinilai tak akan kesulitan menghadapi serangan soal infrastruktur dalam debat kedua Pilpres 2019. Jokowi itu dinilai sudah khatam mengenai masalah infrastruktur.

"Itu (infrastruktur) makanan sehari-hari Pak Jokowi," kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintahan Jokowi juga dirasakan seluruh masyarakat tanpa membedakan sikap politik. Jokowi membuat kereta api semakin bersih, bandara semakin bagus, dan konektivitas antardaerah.

"Itu semua untuk warga bangsa," ucap dia.

Jokowi, kata dia, telah mempersiapkan secara matang seluruh materi debat kedua. Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 itu juga mendukung debat tanpa kisi-kisi.

"Itu mendukung Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin yang memang photographic memory untuk menampilkan dengan baik, enggak perlu hafalan," ujar dia.

Putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, berpendapat pada debat kedua pemilihan presiden nanti, calon presiden nomor urut 01

Jokowi bisa menampilkan jati dirinya, yakni sosok yang rendah hati dan tegas.

"Saya berharap Pak Jokowi jadi dirinya sendirinya, sosok yang humble dan sosok yang tegas, itu yang paling penting," ungkapnya di Jakarta, Rabu (13/2).

Menurutnya, Jokowi bisa menguasai materi pada debat kedua yang mengangkat isu pangan, energi, sumber daya alam, lingkungan kehutanan, dan infrastruktur.

"Iya betul (Jokowi bisa menguasai). Pak Jokowi juga bisa menjelaskan apa yang sudah beliau lakukan dengan jelas gitu ya, dan artikulatif," kata Yenny.

Yenny mengaku belum memberikan masukan khusus kepada Jokowi lantaran belum ada jadwal untuk bertemu dengan Jokowi. Yenny pun yakin Jokowi mempunyai komitmen untuk membangun bangsa.

"Yang paling penting juga Pak Jokowi (merupakan) sosok sederhana yang memang betul-betul punya komitmen besar untuk terus bekerja bagi kemajuan negara dan masyarakat.''

Direktur Konstitusi dan Demokrasi Inisiatif Veri Junaidi menilai, pada debat pertama, capres dan cawapres tidak bisa mengeksplorasi isu. "Diharapkan mereka bisa memberi gagasan yang tajam untuk membedakan program antarpaslon.'' (Ins/P-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More