Kumpulkan Menteri, Wapres Bahas 4 Destinasi Super Prioritas

Penulis: Nur Aivanni Pada: Rabu, 13 Feb 2019, 14:50 WIB Humaniora
Kumpulkan Menteri, Wapres Bahas 4 Destinasi Super Prioritas

MI/Adam Dwi

WAKIL Presiden Jusuf Kalla menggelar rapat bersama kementerian terkait untuk membahas mengenai pariwisata.

 Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan dalam rapat tersebut dibahas mengenai empat dari sepuluh destinasi Bali baru yang ditetapkan sebagI super prioritas.

"Dari 10 Bali baru itu, Pak Presiden (Joko Widodo) menetapkan empat super prioritas, yaitu Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo," kata Arief usai rapat di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (13/2).

Untuk Labuan Bajo, disampaikan Arief, tidak ada permasalahan yang signifikan. Hanya saja, destinasi wisata Borobudur yang menjadi perhatian pemerintah karena jumlah wisatawan mancanegara di Candi Borobudur kalah sepuluh kali lipat dibandingkan dengan jumlah wisman di Angkor Wat.

"Yang paling kritis adalah Borobudur. Borobudur kita kalah jauh dari Angkor Wat. Kita hanya 250 ribu jumlah wismannya, karena Pak Wapres baru dari Kamboja, jadi beliau hafal sekali, (jumlah wisman Angkor Wat) 2,5 juta, 10 kali lipat. Apa masalahnya? Bandara," katanya.

Arief mengatakan kapasitas penumpang di Bandara Internasional Adisutjipto sebesar 1,5 juta penumpang. Sementara, beban yang ada sekarang sebanyak 6 juta penumpang. 

"Empat kali lipat. Tadi ditanya Pak Wapres, kapan kira-kira bandara baru akan diresmikan? Kira-kira April tahun ini," katanya.

 

Baca juga: Riau Adukan Persoalan Tiket Mahal pada Menteri Pariwisata

 

Untuk diketahui, New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta tengah disiapkan. Pembangunan NYIA akan mulai beroperasi sebagian pada April 2019 dan akan beroperasi penuh pada Januari 2020. Bandara NYIA nantinya akan menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia.

"Kalau bandara itu ada, target saya adalah 2 juta dalam waktu 5 tahun sebesar Angkot Wat," kata Arief. 

Untuk Mandalika, lanjut Arief, pemerintah akan membangun sirkuit MotoGP. Ditargetkan tahun 2020, Indonesia sudah ada penyelenggaraan MotoGP.

"Lalu yang terkahir Labuan Bajo, kita harapkan tahun ini juga sudah mempunyai marina dan hotel yang baru. Kalau marinanya sudah ada, penataan pelabuhan pariwisatanya sudah bagus, tidak bersatu dengan pelabuhan ikan, kita yakini pertumbuhan wisatawan ke Labuan Bajo akan meningkat," pungkasnya.

Hadir dalam rapat tersebut, antara lain Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More