Metode Tobacco Harm Reduction Perlu Dikaji

Penulis: (RO/H-2) Pada: Rabu, 13 Feb 2019, 02:15 WIB Kesehatan
Metode Tobacco Harm Reduction Perlu Dikaji

MI/Duta

PADA Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2018, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerbitkan laporan yang menunjukkan pemakaian tembakau di dunia menurun signifikan. Namun, penurunan tersebut hanya terjadi di negara-negara maju, sedangkan di negara-negara berkembang seperti Indonesia justru meningkat.

Dr Putu Ayu Swandewi, Senior Project Manager for the Bali Tobacco Control Initiative (BTCI), mengutarakan kekhawatirannya terhadap isu tersebut.  “Negara-negara Asia, terutama Indonesia, menghadapi permasalahan yang serius terkait rokok tembakau dengan 2/3 dari laki-laki dewasa di Indonesia adalah perokok. Indonesia menyumbang separuh dari jumlah perokok dewasa di kawasan Asia Tenggara," paparnya melalui keterangan tertulis yang diterima Selasa (12/2).

Berbagai inisiatif sudah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Mulai dari kampanye kesehatan, aturan pajak untuk memberatkan perokok, hingga penerapan metode cold turkey, yaitu berhenti langsung secara total.

Namun, belum ada upaya yang benar-benar terbukti sukses mengurangi angka perokok, termasuk metode cold turkey. Seperti yang ditunjukkan penelitian yang diterbitkan Nicotine and Tobacco Research. Pada penelitian dengan 8.000-an responden perokok dewasa dari empat negara, 68,5% perokok mencoba berhenti dengan metode cold turkey, namun hanya 22% di antaranya yang berhasil.

Selama beberapa tahun terakhir, sejumlah praktisi kesehatan masyarakat telah memperkenalkan pendekatan pendekatan alternatif yang disebut tobacco harm reduction. Salah satu strateginya ialah dengan beralih ke produk tembakau alternatif seperti Electronic Nicotine Delivery System (ENDS) dan produk heat-not-burn untuk membantu para perokok secara perlahan mengurangi ketergantungan dan kebiasaan mereka dalam merokok.

Pendekatan itu telah diadopsi di sejumlah negara, seperti Inggris, sebagai bagian dari kebijakan untuk membatasi peningkatan jumlah perokok. Namun untuk Indonesia, perlu ada penelitian yang bersifat lokal dan dapat memberikan kejelasan mengenai produk seperti ENDS, serta bagaimana produk tersebut dapat berdampak pada perokok dewasa di Indonesia. (RO/H-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More