Spurs tak Lagi Diunggulkan

Penulis: Satria Sakti Utama Pada: Selasa, 12 Feb 2019, 17:12 WIB Sepak Bola
Spurs tak Lagi Diunggulkan

AFP

TOTTENHAM Hotspur pernah mengalahkan Borussia Dortmund dalam dua laga berturut-turut di babak penyisihan Grup H pada Liga Champions Eropa tahun 2017 lalu. Tapi mengulangi catatan serupa untuk saat ini merupakan pekerjaan yang hampir mustahil. Kedua tim dijadwalkan akan bersua di leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa di Wembley, Kamis (14/2) dini hari.

'Die Borussen', julukan Dortmund, berkembang menjadi tim yang sangat kompetitif musim ini. Bahkan mereka mampu menandingi dominasi Bayern Munchen di kompetisi domestik Jerman musim ini. Saat ini, Dortmund memimpin klasemen Bundesliga hingga pekan ke-21 dengan keunggulan lima poin dari Munchen.

Catatan mengesankan juga ditorehkan Dortmund di babak penyisihan Liga Champions Eropa. Bersaing di Grup A, tim asuhan memimpin Lucien Favre sukses keluar sebagai pimpinan klasemen dengan mengoleksi 13 poin.

Situasi ini cukup membuat Tottenham Hotspur bergidik. 'Spurs', julukan Tottenham, harus lolos ke fase knock out dengan susah payah. Mereka terselamatkan oleh PSV Eindhoven yang di pertandingan terakhir Grup B mampu menahan Inter Milan. Tottenham pun akhirnya lolos ke babak selanjutnya dengan status runner up dan unggul head to head dari Inter Milan.

Baca juga: Kalahkan Leicester 2-0, Tottenham Hotspur Kembali ke Tiga Besar

Tim asal London Utara ini juga dalam kondisi tak ideal karena masih kehilangan sejumlah pemain utamanya seperti penyerang Harry Kane dan gelandang Dele Alli.

Meski begitu, manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino masih percaya diri dengan skuat yang tersisa. Striker Son Heung-min sejauh ini dapat menambal absennya Kane. Performa bomber Korea Selatan ini mampu membantu timnya meraih tiga laga kemenangan beruntun dengan tiga golnya.

"Kami menunjukkan semangat dan karakter. Sejujurnya kami tak menampilkan performa yang luar biasa, tapi kami mampu mengatasi periode sulit ini untuk terus mendapatkan tiga poin," kata kiper Tottenham Hotspur Hugo Lloris pascamengalahkan Leicester City 1-3 pekan lalu.

Sementara itu, pemain muda Borussia Dortmund Jadon Sancho percaya absennya Kane dan Alli akan membawa angin segar bagi timnya. Tanpa kedua pemain tersebut, Tottenham akan kembali menurunkan skema 3-5-2 dengan mengandalkan serangan balik. Heung-min akan menjadi juru gedor utama didampingi Fernando Llorente.

"Saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi mereka, apalagi tanpa beberapa pemain utama yang absen," ungkap mantan pemain Manchester City ini.

Favre dipercaya akan memainkan sepak bola terbuka dan menyerang dengan memainkan formasi 4-2-3-1. Kekuatan Dortmund akan sedikit tereduksi karena absennya Marco Reus. Tapi Mario Gotze akan mengisi kekosongan tersebut. (AFP/goal/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More