Belum Ada Daerah di Sumsel Berstatus KLB DBD

Penulis: Dwi Apriani Pada: Selasa, 12 Feb 2019, 15:45 WIB Nusantara
Belum Ada Daerah di Sumsel Berstatus KLB DBD

ANTARA FOTO/ Feny Selly

MESKI kasus demam berdarah dengue sedang meningkat di musim penghujan saat ini, namun di Sumatra Selatan (Sumsel) belum ada satu daerah pun di 17 kabupaten dan kota yang berstatus kejadian luar biasa (KLB). 

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini mengungkapkan, jumlah kasus penderita DBD ini terbilang cukup tinggi. Seperti diketahui selama Januari 2019, ditemukan 442 kasus DBD dan Februari didapati 33 kasus.

"Sepanjang Januari hingga kini, warga Sumsel yang meninggal akibat DBD tersebar di empat daerah yakni Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu Selatan dan Lubuklinggau," ungkap Lesty, Selasa (12/2).

Ia juga mengakui untuk kasus DBD yang terdata cukup banyak, bahkan dibandingkan di bulan yang sama tahun lalu (eyear to year) jumlahnya sangat meningkat. Pada Januari 2018, terdapat sebanyak 200 kasus DBD dan satu orang meningal. Sementara Januari kemarin ada 442 kasus DBD dan tiga meninggal.

"Namun untuk di Sumsel belum menetapkan status kejadian luar biasa. Karena belum terjadi peningkatan kasus yang signifikan," jelasnya.

 

Baca juga: Kasus DBD di Klaten Bertambah Hingga 15 Orang

 

Ia pun menjelaskan, pada Januari lalu ditemukan adanya kasus DBD di OKU 1 kasus, OKI 20 kasus, Muara Enim 26 kasus, Lahat 9 kasus, Musi Rawas 29 kasus, Musi Banyuasin 22 kasus, Banyuasin 42 kasus, OKU Selatan 6 kasus, OKU Timur 63 kasus, Ogan Ilir 29 kasus, Empat Lawang 7 kasus, Palembang 101 kasus, Prabumulih 28 kasus, Pagaralam 18 kasus, Pali 21 kasus, Lubuklinggau 15 kasus dan Musi Rawas Utara 5 kasus.

Sementara pada Februari, sebaran kasus DBD ada di Muara Enim 8 kasus, Musi Rawas 3 kasus, Banyuasin 3 kasus, OKUS 1 kasus, OKUT 8 kasus, Ogan Ilir 6 kasus, Empat Lawang 1 kasus, Prabumulih 1 kasus, Pagaralam 1 kasus, Muratara 1 kasus.

"Kami sudah mengirim edaran ke Kabupaten/ Kota terkait mengantisipasi dan menangani DBD ini, yakni dengan membantu menyebarkan larvasida dan melaukan fogging," jelasnya. 

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat, dan melakkan konsultasi ke fasilitas pelayanan kesehatan jika ada gejala DBD. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More