KPU akan Beri Keleluasaan Jokowi-Prabowo Berdebat

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Selasa, 12 Feb 2019, 06:45 WIB Politik dan Hukum
KPU akan Beri Keleluasaan Jokowi-Prabowo Berdebat

ANTARA FOTO/Setneg-Agus Suparto

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) akan memperbanyak atau mengintensifkan interaksi kandidat dalam debat kedua Pilpres 2019 pada 17 Februari nanti.

Harapannya, debat bisa berlangsung lebih menarik dan berkualitas. “Di segmen dua sampai lima semuanya dalam bentuk dialog. Jadi sangat dimungkinkan capres bertanya kepada capres lain,” ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Jakarta, kemarin.  

Debat kedua hanya dijalani capres nomor urut 01 Joko Widodo dan nomor urut 02 Prabowo Subianto, tanpa didampingi cawapres masing-masing seperti di debat pertama.

Pramono menjelaskan debat akan dibagi dalam enam segmen. Segmen pertama berupa penyampaian visi-misi, segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis, dan segmen keempat ialah debat eksploratif dengan pemantik diskusi berupa tayangan video singkat yang disiapkan tim ­panelis. Adapun di segmen kelima, kedua capres saling ­mengajukan pertanyaan bebas, dan diakhiri segmen keenam dengan pernyataan penutup.  

“Setiap pertanyaan yang diajukan capres dalam dialog atau interaksi tetap harus mengacu pada tema debat kedua, yaitu isu energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkung­an hidup,” terang Pramono.

Menurutnya, persiapan debat kedua yang akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, sudah 90%. Sejumlah tokoh diundang untuk hadir, antara lain Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Pakar komunikasi politik dari UIN Syarief Hidayatullah Gun Gun Heryanto berpendapat untuk debat kedua nanti Jokowi ataupun Prabowo harus memaparkan data yang prospektif.

“Jangan sampai sama seperti debat pertama. Saya berharap kedua capres menyuguhkan data yang konkret dan prospektif agar tidak mengalami diskrepansi antara harapan dan realitas,” ujarnya.

Dia menilai, sebagai ­petahana, Jokowi tahu betul bagaimana pencapaian pemerintahannya di bidang infrastruktur. Karena itu, debat kedua harus dijadikan momentum untuk menyebarluaskan prestasi. (Ins/Ant/X-8)  

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More