Paket Barang Harus Diskon

Penulis: Rendy Ferdiansyah Pada: Selasa, 12 Feb 2019, 00:45 WIB Nusantara
Paket Barang Harus Diskon

MI/Rendy Ferdiansyah

DINAS Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Provinsi Bangka Belitung melakukan berbagai upaya agar UMKM di daerah tersebut tidak mati akibat mahalnya tiket pesawat dan bagasi berbayar.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elfiyena, mengatakan ada beberapa hal yang akan dilakukan untuk membantu UMKM agar tetap bisa bertahan di tengah mahalnya harga tiket dan bagasi berbayar.

“Kami akan meminta perusahaan jasa pengiriman barang memberikan diskon khusus untuk UMKM terutama pengirim­an oleh-oleh makanan khas Babel. Saat ini baru jasa pengiriman JNE yang kita minta untuk memberikan diskon khusus bagi UMKM, nanti baru jasa pengirim­an lainnya,” kata Elfiyena seusai menghadiri sosialisasi pelatihan kewirausahaan bagi pekerja harian lepas Pemprov Babel, kemarin.

Nantinya kesepakatan pemerintah daerah dengan JNE akan diikat dengan MoU. Selain itu, Elfiyena meminta para pelaku UMKM mengemas oleh-oleh yang tidak memakan tempat dan berat. Ia mencontohkan, misalnya, sirup jeruk bisa diganti menjadi serbuk minuman jeruk. Ukuran kerupuk juga bisa diperkecil agar tidak makan tempat saat dikemas.

Masih terkait dengan tingginya harga tiket pesawat dan bagasi berbayar, maskapai penerbangan Wings Air membatalkan 11 rute penerbangan dari Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur, tujuan ke sejumlah kota di wilayah itu sejak Minggu (10/2) hingga kemarin.

Pembatalan penerbangan lantaran melonjaknya harga tiket pesawat. “Dulu rata-rata load factor 80% per minggu, tetapi sekarang hanya 60%. Penurunan antara 20-30%,” kata Area Manager Lion Air Grup Kupang, Rinus Zebua, kepada Media Indonesia.

Dia mencontohkan rute Kupang-Rote yang biasa diterbangi dua kali sehari, telah dikurangi menjadi satu kali. Begitu juga rute Kupang-Ende dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari, sedangkan harga tiket pesawat Lion Air rute Kupang-Surabaya yang berkisar antara Rp500 ribu-Rp700 ribu per penumpang, kini naik menjadi Rp1,1 juta.

Selain Wings Air, Garuda Indonesia juga membatalkan penerbangan dari Kupang untuk tujuan Ende.
Kepala Dinas Pariwisata NTT Marius Jelamu mengatakan maskapai memiliki aturan penetapan tarif batas atas dan batas bawah, juga harus mempertimbangkan kemampuan masyarakat dan dampak terhadap perekonomian daerah. “Perlu ada kebijakan win-win solution, yaitu jika harga tiket tinggi, harga bagasi per kilogram diturunkan. Jangan bagasi dan tiket naik sekaligus,” kata Marius.

Lonjakan penumpang

Di tengah tingginya tiket pesawat, jumlah penumpang arus balik pasca-Imlek di Pangkalpinang, Bangka Belitung, cukup tinggi. Arus balik Imlek tahun ini mengalami lonjakan hingga 8% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Manager Operasional dan Pelayanan Bandara Udara Depati Amir Pangkalpinang, Adi Wiyatno, mengatakan berdasarkan data yang terhitung selama lima hari setelah Imlek, yakni 6-10 Februari, ada 492 penerbangan, baik dari maupun ke Pangkalpinang, dengan total penumpang mencapai 58.153 orang.

“Tahun lalu itu, 482 penerbangan jumlah penumpang 54.575 orang. Jadi, dibandingkan tahun sekarang, terjadi peningkatan,” ujarnya. Dari angka itu, terjadi peningkatan  pergerakan pesawat sebesar 0,2%, dan penumpang 0,6% dari tahun sebelumnya. (PO/N-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More