Sulit Tertibkan Harga Elpiji di Luar Agen Resmi

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Senin, 11 Feb 2019, 21:40 WIB Ekonomi
Sulit Tertibkan Harga Elpiji di Luar Agen Resmi

ANTARA

PT Pertamina (persero) hanya bisa memastikan harga elpiji 3kg pada agen resmi. Selain itu, perseroan sulit memastikan harga sesuai dengan ketentuan dari pemerintah.

"Kalau ada realisasi yang harganya di luar dan lebih tinggi, di beberapa tempat, betul terjadi," kata Direktur Utama PT Pertamina persero Nicke Widyawati dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (11/2).

Dia memastikan, harga pembelian elpiji 3kg di agen dan pangkalan Pertamina menggunakan harga yang dipatok pemerintah yaitu Rp 16.500 per tabung. Kemudian itu disesuaikan dengan harga eceran tertinggi (HET) sesuai kebijakan masing-masing pemerintah daerah.

Di luar ketentuan tersebut, kata dia, Pertamina tidak bisa memastikan harga produk tersebut karena hanya mampu melakukan pengawasan terbatas. Oleh sebab itu masyarakat bisa melaporkan penggelembungan harga elpiji langsung ke Pertamina untuk menindak penyalur atau agen jika terlibat.

Sementara Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto menjelaskan pihaknya juga tidak bisa melakukan intervensi terhadap harga hingga di konsumen akhir. Sebab setelah dari pangkalan banyak variasi distribusi sehingga terlalu luas untuk diawasi secara ketat.

"Agen itu ke pangkalan, nah itu ditetapkan pemerintah daerah. Dari pangkalan ke agen dan ke pengecer ada juga yang menjualnya dengan gerobak dorong, warung-warung kecil, pengecer keliling maka harga elpiji ke konsumen akhir variatif,"pungkasnya. (OL-4)

Berita Terkini.

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More