Meski Kecil Aktivitasnya, Sesar Garsela Perlu Diwaspadai

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Senin, 11 Feb 2019, 20:08 WIB Humaniora
Meski Kecil Aktivitasnya, Sesar Garsela Perlu Diwaspadai

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

GEMPA di wilayah Kabupaten Bandung, Senin (11/2) siang yang bersumber dari Sesar Garut Selatan (Garsela) kian menjadi tanda bahwa sejumlah sejumlah sesar yang ada di Jawa Barat menunjukkan aktivitas tektonik meski pada kekuatan kecil.

Kewaspadaan terhadap adanya sesar aktif dinilai perlu menjadi perhatian semua pihak.

"Wilayah Garsela ini memang sebelumnya dianggap tidak aktif. Garsela ini secara ilmiah menarik karena ada sejumlah gempa kecil dan kita baru paham bahwa dari data kegempaan Garsela ini terbilang aktif. Karena itu berdasarkan peta kegempaan terbaru (2017), sesar ini masuk didalamnya," kata peneliti Institut Teknologi Bandung, Irwan Meiliano saat dihubungi, Senin (11/2).

Menurut hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini memiliki kekuatan magnitudo 4,1. Pusat gempa terletak di darat pada koordinat 7,27 lintang selatan dan 107,71 bujur timur atau 17 km sebelah tenggara Kab Bandung dengan kedalaman 10 km.

Guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan di daerah Bojongsoang dan Banjaran, Kab Bandung. Beberapa warga yang terkejut dilaporkan sempat berlarian ke luar rumah.

Baca juga : Kronologi Guncangan Gempa 4,1 SR yang Kagetkan Warga Banjaran

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemantauan BMKG juga menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Seperti diketahui, di wilayah Jabar terdapat sejumlah sesar aktif lain seperti Sesar Lembang, Sesar Cimandiri, dan Sesar Baribis.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, mengatakan Sesar Garsela memanjang dari selatan Garut ke selatan Bandung. Jika ditarik garis lurus, panjangnya sekitar 42 kilometer.

Menurutnya, gempa di bawah magnitudo 4 juga sempat melanda Kab Bandung pada Januari lalu dan Juli tahun lalu.

Sumber aktivitasnya berasal dari sekitar Sesar Garsela. Meski begitu, ujarnya, gempa di Garsela yang baru-baru ini terjadi tidak lantas merembet ke sesar-sesar lainnya.

Hingga saat ini, juga belum diketahui berapa potensi energi maksimal yang bisa dilepaskan Sesar Garsela.

"Gempanya relatif kecil magnitudonya sehingga kecil kemungkinan mereaktivasi sesar lain di Jabar. Belum ada ketetapan atau rumus baku bagaimana satu sesar memicu aktivitas sesar lainnya," ujarnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More