Indonesia-Rusia Kerjasama Buat Anatomi Terorisme Global

Penulis: Golda Eksa Pada: Senin, 11 Feb 2019, 18:35 WIB Internasional
Indonesia-Rusia Kerjasama Buat Anatomi Terorisme Global

MI/Susanto

INDONESIA dan Rusia akan membuat peta anatomi terorisme dunia. Pembahasan bilateral untuk mematangkan rencana tersebut dilaksanakan di Rusia pada Rabu (13/2).

Demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto kepada wartawan, Senin (11/2). "Rusia sudah menawarkan kita membuat suatu peta dunia, peta anatomi terorisme dunia," ujarnya.

Wiranto yang hadir mewakili pemerintah Indonesia nantinya akan bertemu dengan dewan keamanan Rusia. Setelah pertemuan bilateral rampung, nantinya kerja sama serupa juga juga akan melibatkan negara lain, khususnya untuk meminta dan memberikan informasi terkait kasus terorisme.

"Jadi setiap negara ini akan memberikan kontribusi dari kaca mata masing-masing, bagaimana terorisme di negara mereka, dikumpulkan, dikompilasi, sehingga kita tahu betul terorisme itu seperti apa."

Menurut dia, kejahatan terorisme pasti saling terkait dan tidak mungkin berdiri sendiri. Apalagi kegiatan yang dilancarkan kelompok terorisme itu terbukti sudah melewati batas negara.

Ia menambahkan, selain wacana membuat peta anatomi terorisme dunia, pertemuan itu juga akan membicarakan mengenai strategi pemberantasan dan pembiayaan terorisme.

"Makanya, bagaimana kita (cara) melawannya. Bagaimana kita mencegat pembiayaan-pembiayaan yang disinyalir digunakan itu merupakan biaya terorisme. Itu pembahasannya ketat sekali," pungkas dia. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More