Jonan Ingin Pemberian Subsidi LPG 3Kg Langsung Tunai

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Senin, 11 Feb 2019, 18:11 WIB Ekonomi
Jonan Ingin Pemberian Subsidi LPG 3Kg Langsung Tunai

ANTARA

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan subsidi gas elpiji 3kg harus diperbaiki supaya tepat sasaran. Caranya dengan memberikan subsidi langsung kepada penerima subsidi dari sebelumnya melalui potongan harga gas.

"Guna memperbaiki subsidi elpigi bukan dengan menyelesaikan masalah pendistribusian. Maka kami sebagai selaku Menteri ESDM mengusulkan ke kabinet yang sekarang sudah dibahas kalau mau subsidi gas elpiji 3kg itu subsidi diberikan langsung kepada penerima," terang Jonan saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (11/2).

Menurut dia, penyaluran subsidi gas elpisi 3kg secara langsung bisa digabungkan dengan program bantuan tunai lain. Dengan begitu, alokasi anggaran tersebut hanya didapatkan masyarakat yang berhak.

Selain itu, lanjut dia, PT Pertamina persero bisa menjual gas elpiji ini dengan harga keekonomiannya, seperti produk lain yang tidak ditunggangi produk subsidi.

"Saya berharap kebijbakan subsidi langsung ini bisa berjalan dan pertamina pun seneng bisa jual gas lpg dengan harga keekonomiannya," katanya.

Sementara ini, kata dia, guna memastikan pendistribusian gas tabung berwarna hijau ini tidak banyak disalahgunakan atau digunakan oleh masyarakat mampu, pihaknya telah membuat satuan tugas yang bekerja sama dengan Polri dan Pertamina. Tungasnya untuk mengawasi dan menindak tegas terhadap agen atau penyalur yang menjual gas tersebut kepada bukan penerima subsidi. "Hal itu juga untuk mengawasi penyaluran BBM bersubsidi," pungkasnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More