Pelaku Industri Perhotelan Dukung Pemerintah Genjot Pariwisata

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Senin, 11 Feb 2019, 14:10 WIB Ekonomi
Pelaku Industri Perhotelan Dukung Pemerintah Genjot Pariwisata

Ilustrasi

PERHIMPUNAN Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mendukung pertumbuhan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan dan penyumbang devisa negara. Salah satu upayanya dengan meningkatkan kualitas layanan untuk memberikan kenyamanan terhadap seluruh wisatawan asing juga lokal.

"PHRI tentunya akan terus mendukung program pemerintah dalam mengembangkan industri pariwisata nasional," terang Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani saat memberikan keterangan resmi pada Rakernas dan HUT PHRI ke 50 di Jakarta, Senin (11/2).

Menurut dia, pengusaha perhotelan dan restoran akan terus menciptakan kualitas akomodasi berkelas di tataran regional. Namun industri pariwisata perlu didukung sektor lain karena sangat berkaitan seperti industri penerbangan yang dalam kurun waktu terakhir menaikan tarif tiket hingga menggerus kunjungan wisatawan.

Baca juga: PHRI Petakan Tantangan Pembangunan Nasional dari Bali

Pada kesempatan sama, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan industri pariwisata dapat tumbuh subur jika disokong seluruh sektor. Ketika kerja sama terjalin antarsektor maka manfaat yang lahir dari industri ini sangat melimpah dan dapat langsung dirasakan.

Pada 2018, peningkatan devisa dari kunjungan wisatawan naik menjadi US$17 miliar dari 2017 senilai US$16,8 miliar dan tahun ini target devisa mencapai US$20 miliar. Tren peningkatan ini dapat terus meningkat jika seluruh komponen industri bisa saling berkolaborasi dalam membangun pariwisata.

“Pariwisata selalu menjanjikan, karena memberikan dampak langsung pada devisa dari kunjungan wisman, PDB dari pergerakan wisnus, dan membuka lapangan kerja di sektor-sektor yang terkait," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More