Banyak Panti Sosial Beralih Fungsi

Penulis: MI Pada: Senin, 11 Feb 2019, 10:20 WIB Humaniora
Banyak Panti Sosial Beralih Fungsi

MI/BAYU ANGGORO
Mensos Agus Gumiwang

SEJUMLAH panti sosial yang dikelola pemerintah daerah telah berubah fungsi. Kementerian Sosial meminta Kementerian Dalam Negeri menertibkannya agar problem sosial di daerah bisa tertangani dengan baik.

Hal itu diungkapkan Menteri Sosial, Agus Gumiwang, di hadapan para peserta Bimbingan dan Pemantapan Pendampingan Sosial Lansia 2019 di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/2). "Ini perlu jadi perhatian. Saya temukan di lapangan banyak panti sosial yang berubah fungsi," ujarnya.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Otonomi Daerah, layanan dasar penyelenggaraan sosial diurus pemerintah provinsi. Bidang sosial menjadi urusan wajib pemda karena termasuk sebagai bentuk pelayanan dasar, sesuai Pasal 11 ayat 2 (dua) UU 23/2014, bersama dengan pendidikan; kesehatan; pekerjaan umum dan penataan ruang; perumahan rakyat dan kawasan permukiman; ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat.

Menurut Agus, terdapat 120 panti yang telah diserahkan Kemensos kepada pemda, terdiri atas panti sosial, manula, netra, anak, dan lain-lain. Sebagian panti itu telah berubah fungsi menjadi kantor dinas, rumah sakit, bahkan gelanggang olahraga (GOR) yang tak ada hubungannya dengan masalah sosial.

"Pada akhirnya itu berdampak pada terbengkalainya fungsi layanan. Pelayanan dasar tidak bisa dipenuhi pemda dan terjadi gap," cetus Mensos.

Dampaknya, masyarakat yang memiliki masalah sosial tak tahu harus ke mana. Sementara itu, pemda berlaku pasif. Maka dari itu, untuk menyiasatinya, Kemensos mengubah struktur dan nomenklatur 39 panti menjadi balai.

"Ketika sudah menjadi balai, kami tidak perlu harus menyerahkan pada pemda. Itu kami kelola sendiri," jelasnya.

Karena itu, ia akan meminta Mendagri menertibkan kembali panti sosial yang telah beralih fungsi. "Kami minta Kemendagri untuk melakukan pembenahan dan pengalihan fungsi kembali panti-panti yang sudah dialihkan kepada nonfungsi itu," pungkasnya.

Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kemensos, Rahmat Kusnadi mengatakan, kebanyakan panti yang beralih fungsi itu ditemukan di luar Jawa.

"Ada di Aceh, ada di Gorontalo. Yang paling banyak diserahkan dan kebanyakan berfungsi di Jawa dan yang banyak berubah fungsi itu banyaknya di luar Jawa," ungkapnya.

Ia menyebutkan, panti sosial yang beralih fungsi menjadi asrama pemain dari klub sepak bola ditemukan di Gorontalo.

Berita Terkini.

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More