Mantan PM Malaysia, Najib, akan Diadili atas Skandal 1MDB

Penulis: Denny Parsaulian Sinaga Pada: Minggu, 10 Feb 2019, 17:47 WIB Internasional
Mantan PM Malaysia, Najib, akan Diadili atas Skandal 1MDB

AFP

PEMIMPIN Malaysia yang tersingkir, Najib Razak, akan diadili pekan ini atas skandal keuangan luar biasa. Skandal ini berkontribusi pada kejatuhan koalisi yang telah lama berkuasa dan dikenal di seluruh dunia, UMNO.

Mantan perdana menteri dan kroni-kroninya itu dituduh mencuri US$4,5 miliar dari dana kekayaan negara Malaysia 1MDB lewat penipuan yang mengejutkan dengan jejaknya membentang dari Swiss hingga ke Seychelles.

Uang itu konon digunakan untuk belanja di seluruh dunia. Sebuah kapal pesiar super bernilai US$250 juta, real estat kelas atas, dan karya seni Monet dan Van Gogh termasuk di antara barang-barang yang diduga dibeli dengan uang tunai yang dijarah dari kas 1MDB.

Skandal itu juga menjerat para selebritis. Dalang penipuan itu terlihat berpesta dengan Leonardo DiCaprio dan Paris Hilton. Sementara pemerintah Malaysia yang baru menuduh Wall Street, Goldman Sachs, mencuri miliaran dolar selama bekerja dengan 1MDB.

Kecemburuan publik terhadap tuduhan korupsi berperan besar dalam kekalahan Najib dalam pemilihan Najib.Najib diduga mengatur pengumpulan dana itu sehingga menyebabkan jatuhnya sebuah koalisi yang memerintah Malaysia tanpa gangguan sejak kemerdekaan dari Inggris pada 1957.

Sejak kekalahan mengejutkan dalam pemilu Mei, pria berusia 65 tahun itu telah ditangkap dan dikenai 42 tuduhan terkait dengan skandal itu. Tetapi dia dengan tegas membantah melakukan kesalahan.

Tak berdiam diri, mantan pemimpin aristokrat itu telah menyusun publisitas dengan dengan berusaha menampilkan dirinya sebagai manusia dan rakyat dengan terus-menerus melemparkan balasan pada pemerintah baru.

Persidangan pekan ini, digelar Selasa (12/2) dan berpusat pada tuduhan bahwa RM42 juta ditransfer dari SRC International, bekas bagian 1MDB, ke rekening bank pribadi Najib.

Kasus ini trrdiri dari tiga tuduhan pencucian uang, tiga pelanggaran kriminal, dan satu penyalahgunaan kekuasaan. Najib mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan itu. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More