Rambah UMKM, Grab Berduet dengan Warung Pintar

Penulis: (Riz/M-2) Pada: Sabtu, 09 Feb 2019, 06:00 WIB Teknologi
Rambah UMKM, Grab Berduet dengan Warung Pintar

dok.grab

ERA industri 4.0 tidak hanya membawa keuntungan positif bagi masyarakat, tetapi juga secara halus memaksa dan mengubah pola hidup masyarakat agar selalu mengikuti perkembangan zaman.

Salah satu yang turut terdampak ialah para pelaku industri kecil, mikro, dan menengah seperti warung. Guna menghadapi hal tersebut, platform O2O asal Singapura, Grab, menandatangani kerja sama dengan Warung Pintar untuk membangun Grab Hub di tiap warung.

Warung Pintar ialah perusahaan rintisan yang menambahkan sentuhan teknologi pada warung-warung mitranya. Dalam situsnya, Warung Pintar menawarkan mitranya untuk membangun warung dengan desain menarik, dilengkapi jaringan wi-fi dan listrik untuk mengisi daya ponsel.

Melalui kemitraan tersebut, Grab akan memiliki Grab Hub di gerai Warung Pintar yang menjelma sebagai selter (pangkalan) untuk mitra pengemudi Grab. Untuk saat ini, outlet Warung Pintar berjumlah 1.000 warung. Masih ada sekitar 12 ribu calon mitra Warung Pintar yang tersebar di wilayah Jakarta, Depok, dan Tangerang.

"Di Grab Hub para driver Grab dapat beristirahat lalu kita akan lanjut distribution channel ke semua Warung, jadi Grab bisa distribute equipment mereka di situ," kata Co-founder and CEO Warung Pintar, Agung Bezharie Hadinegoro kepada Media Indonesia dalam acara penandatanganan kerja sama di Jakarta, akhir bulan lalu.

Setidaknya akan ada beberapa manfaat dari kerja sama tersebut. Pertama, pengemudi Grab punya tempat menunggu yang lebih tertib. Saat ini tidak jarang pengemudi ojek daring parkir menunggu penumpang di sembarang tempat sehingga menyebabkan kemacetan. Dengan adanya warung/selter, dapat meminimalkan para pengemudi 'ngetem' sembarangan.

Kedua, perlengkapan pengemudi, seperti penutup kepala dan masker untuk penumpang, lebih mudah diakses. Warung/selter diharapkan dapat menyediakan kebutuhan tersebut untuk kemudian dibeli para pengemudi sehingga keduanya saling diuntungkan.

"Ketiga, mempererat kerja sama dengan mitra strategis Grab, seperti diketahui Warung Pintar juga telah bekerja sama dengan OVO. Ini akan memperkuat koneksi antara ketiganya. Selain itu, akan ada integrasi Hub antara aplikasi Grab dan Warung Pintar," imbuh Agung.

Dalam kesempatan sama, Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menambahkan, Grab pun akan menyediakan heat map--peta yang menunjukkan wilayah-wilayah padat pengemudi--bagi mitra Warung Pintar agar dapat mencari lokasi strategis bagi warungnya.

Kemitraan Warung Pintar dan Grab didapatkan melalui kompetisi Grabimpact Award yang difasilitasi ASEAN Impact Challenge (AIC). AIC merupakan ajang yang mempertemukan perusahaan teknologi dan inovator. Warung Pintar memenangi Grabimpact Award yang membuatnya berada di jalur cepat Grab Ventures Velocity dan berhak mendapatkan layanan Grab senilai US$10 ribu dalam kurun setahun.

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More