Peserta IOX 2019 Andalas Mulai Bersiap di Medan

Penulis: Budi Ernanto Pada: Jumat, 08 Feb 2019, 20:14 WIB Olahraga
Peserta IOX 2019 Andalas Mulai Bersiap di Medan

Dok. IOX 2019 Andalas

SEBANYAK 81 kendaraan 4x4 dan 74 sepeda motor telah tiba di Medan, Sumatera Utara untuk bersiap mengikuti Indonesia Off-road eXpedition (IOX) 2019 Andalas yang akan dimulai pada Sabtu (9/2). Jalur tempuh IOX seperti diketahui mencapai 1.400 km dan memiliki titik akhir di Bukittinggi, Sumatera Barat. Seluruh peserta akan melaluinya selama 16 hari.

Para peserta IOX datang dari Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa. Mereka tiba secara bertahap dengan kapal laut yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Untuk motor yang dikirimkan melalui jalur darat pada Jumat (8/2), juga telah tiba dan parkir dengan rapi di Hotel Danau Toba Internasional Medan. Akbar Zakariah, penanggung jawab transportasi dari PT Toshima Mega Trans menyatakan kelegaannya seluruh kendaraan sukses tiba pada waktunya.

Sehari sebelum dimulainya IOX juga telah dilaksanakan scruut (pemeriksaan) kendaraan dan kelengkapan logistiknya untuk memastikan kendaraan telah memenuhi syarat menjalani IOX 2019 Andalas yang super ekstrim.

“Panitia tidak mau ambil resiko peserta yang tidak layak diijinkan mengikuti event sekelas IOX karena bila peserta bermasalah karena tidak siap, selain menyusahkan si peserta sendiri juga peserta lainnya dan kelancaran event secara keseluruhan” kata Ariska yang menjadi penanggung jawab Scruutinering.

Baca juga: IOX akan Jelajah Belantara Sumatera

Setiap tahun IOX menaikkan standard spesifikasi teknis yang harus dipenuhi peserta, dimana bila tidak memenuhi persyaratan tidak akan diluluskan. Tujuan menaikkan standard teknis ini untuk kepentingan peserta sendiri. Standard teknis dinaikan untuk mengurangi masalah teknis yang sering dan terjadi di event sebelumnya.

Pada tahun ini panitia fokus pada aspek baterai (aki) serta altenator karena perannya yang penting yang sangat penting saat menghadapi medan yang berat, disaat mesin winch membutuhkan listrik yang besar.

Namun demikian, standard teknis yang tinggi inipun tidak menjamin peserta tidak akan bermasalah di track karena kerusakan atau kecelakaan juga dipengaruhi oleh gaya peserta membawa kendaraan 4x4 nya dan juga kondisi tracknya sendiri. Semakin bejad track maka semakin besar kendaraan bermasalah atau rusak.

Menurut Ariska, pemeriksaan kendaraan di IOX tidak sulit karena mayoritas peserta sudah pernah ikut event IOX sebelumnya. Sehingga mereka sudah tahu apa yang harus disiapkan. Ditambah lagi panitia telah memberikan panduan tertulis apa saja yang harus disiapkan dan akan diperiksa.   

Selain pemeriksaan kendaraan juga digelar coaching clinic serta briefing persiapan start dari Team Leader IOX Syamsir Alam dan juga Ketua Panitia Motor IOX Teddy Wibowo.

Syamsir menyatakan bahwa mayoritas seluruh peserta sudah siap untuk start dari Medan untuk memulai petualangan penjelajahan bumi Sumatera yang sudah lama dinanti peserta IOX. Seluruh perijinan juga sudah diperoleh sehingga seluruh peserta bisa tenang menjalani kegiatan yang akan diikuti. (RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More