Pertama Kalinya, Spotify Akhirnya Untung

Penulis: Ellavie Ichlasa Amalia Pada: Kamis, 07 Feb 2019, 16:45 WIB Teknologi
Pertama Kalinya, Spotify Akhirnya Untung

Ist

PADA kuartal IV 2018, Spotify mengumumkan bahwa jumlah pengguna aktif bulanan mereka naik ke 207 juta orang dari 191 juta orang pada kuartal sebelumnya.
 
Jumlah pengguna premium naik dari 87 juta menjadi 96 juta, sementara jumlah pengguna gratis dengan iklan naik dari 109 juta menjadi 116 juta orang.
 
Sebagai perbandingan, pada periode yang sama tahun lalu, Spotify memiliki 71 juta pengguna premium dan 93 juta pengguna "gratis". Angka ini memungkinkan perusahaan mendapatkan penghasilan 1,5 miliar euro (Rp23,8 triliun). 
 
Untuk pertama kalinya, Spotify mendapatkan keuntungan operasional. Keuntungan itu mencapai 94 juta euro (Rp1,5 triliun). Ini adalah peningkatan yang sangat drastis dari kerugian yang sebesar 87 juta euro (Rp1,38 triliun) yang mereka derita pada akhir kuartal IV 2017, lapor Engadget. 

Spotify menjelaskan, salah satu alasan mengapa mereka bisa mendapatkan pengguna baru adalah berkat keputusan mereka untuk melakukan ekspansi pada pertengahan November ke 13 negara di Timur Tengah dan Afrika Utara.
 
"Sejauh ini, performa melebihi perkiraan kami dan kami harap, kami bisa memanfaatkan momentum ini pada 2019," ungkap Spotify.

 

Baca juga: Drake Artis Teratas Streaming Versi Spotify
 

Selain itu, Spotify juga membeli dua perusahaan podcast, Gimlet Media dan Anchor. Gimlet Media dalah jaringan podcast asal New York yang menawarkan berbagai acara populer seperti StartUp, Reply All, Crimetown, dan The Pitch.
 
Sementara Anchor adalah perusahaan yang membantu kreator podcast untuk merekam, menerbitkan, dan mengatur acara yang hendak mereka buat.
 
"Dua perusahaan ini adalah yang terbaik di bidangnya dan bersama, kami bisa menawarkan sesuatu yang berbeda dan juga konten orisinal," kata CEO Spotify, Daniel Ek. (Medcom/OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More