Korban Terseret Banjir Bandang Bojonegoro belum Ditemukan

Penulis: M Yakub Pada: Selasa, 05 Feb 2019, 18:40 WIB Nusantara
Korban Terseret Banjir Bandang Bojonegoro belum Ditemukan

MI/M. Yakub

TIM gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur masih belum menemukan warga Desa/Kecamatan Gondang, Bojonegoro, yang terseret arus bah saat banjir bandang melanda kabupaten setempat sejak lima hari terakhir.

Upaya pencarian sudah dilakukan hingga hilir Kali Pacal, tetapi jasad korban belum ditemukan. Diperkirakan jasad korban tertimbun material lumpur sehingga menjadi kendala proses pencarian.

"Hingga lima hari penyisiran jasad korban belum kami temukan," kata Koordinator Tim SAR BPBD Bojonegoro, Sukirno, kepada Media Indonesia, Selasa (5/2) sore.

Pencarian, kata dia, dimulai sejak pukul 07.00 WIB diawali dengan apel bersama dilanjutkan pengarahan dari Basarnas. Dalam pencarian ini, Tim BPBD mendapat dukungan dari Tim Basarnas Trenggalek sebanyak 5 personel, bersama Tim SAR BPBD Bojonegoro sebanyak 9 orang dan Tim SAR Kabupaten Ngawi.


Baca juga: Hujan Deras Sebabkan Jembatan Penghubung Jayapura-Wamena Putus


Selain itu, juga melibatkan personel kepolisian dan aparat TNI serta aparat desa setempat sehingga total personel gabungan yang turut dalam pencarian mencapai 67 orang.

Dikatakannya, penyisiran dilakukan dimulai dari Desa/Kecamatan Gondang sebagai lokasi pertama korban terseret arus bah banjir bandang dan diteruskan menyusuri Kali Pacal hingga hilir sungai di Waduk Pacal. Namun, sampai hari ke lima proses penyisiran, Tim gabungan Basarnas belum menemukan jasad korban.

Bahkan, saat di Waduk Pacal pencarian juga dilakukan dengan menggunakan alat tradisional rujuk tetapi, juga belum menemukan korban. Besar kemungkinan jasad korban tertimbun material lumpur yang turut hanyut saat banjir bandang berlangsung.

Tim gabungan kemudian memutuskan untuk menunda pencarian sampai hari berikutnya. Hal ini dengan perimbangan cuaca dan kondisi lapangan yang sudah tidak memungkinkan.

"Untuk sementara kita hentikan, dan besok dilanjutkan," pungkasnya.

Sebelumnya, banjir bandang yang terjadi di Desa/Kecamatan Gondang mengakibatkan dua warga terseret arus air bah. Lasmin, anak korban hilang, berhasil diselamat. Sedangkan, ibunya, Watini, 52, terseret air bah dan dinyatakan hilang hingga saat ini. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More