Pemerintah Siapkan Gerakan Nasional Atasi Limbah Plastik

Penulis: Rudy Polycarpus Pada: Kamis, 24 Jan 2019, 19:34 WIB Humaniora
Pemerintah Siapkan Gerakan Nasional Atasi Limbah Plastik

MI/Rommy Pujianto

PERUBAHAN perilaku masyarakat menjadi kunci dalam mengatasi pencemaran sampah plastik di laut yang sebagian sudah dalam kondisi kritis.

Tanpa hal itu, komitmen Indonesia mengurangi jumlah sampah plastik di laut hingga 70% pada 2025 akan sulit terwujud.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, pemerintah menyiapkan gerakan massal kesadaran lingkungan sebagai upaya menangani pencemaran sampah plastik. Pasalnya, kata Siti, dibutuhkan kesadaran dan gerakan bersama mengurangi penggunaan plastik dan mengelola sampah mulai dari rumah tangga.

Gerakan ini sekaligus memfasilitasi antusiasme kesadaran masyarakat yang kian tumbuh terhadap sampah plastik.

"Kami sedang menyiapkan gerakan basional untuk Indonesia Bersih. Kami lihat perhatian dan dinamika masyarakat soal sampah plastik luar biasa bangus sekali. Saya kira pemerintah harus mendampingi, memfasilitasi," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/1).

Baca juga : Anies: Jalan Raya Jangan Dijadikan Tempat Sampah

Gerakan ini, sambung Siti, akan menggandeng sejumlah lembaga maupun aktivis lingkungan. Para aktivis ini, jelas Siti, ini sudah memulai gerakan guna meminimalisasi limbah plastik.

Di Surabaya, sebut Siti, sudah ada gerakan membayar bus dengan sampah plastik.

Surabaya menjadi kota pertama di Indonesia yang menerapkan penggunaan sampah plastik sebagai alat pembayaran transportasi umum.

Cara yang sama digunakan di Beijing, Tiongkok, sejak 2014 untuk mengurangi volume sampah plastik dengan menggunakan sampah botol plastik sebagai pembayaran kereta bawah tanah.

"Termasuk LSM-LSM dan aktivis kita yang sudah lama kerja di Sungai Citarum dan Ciliwung. Jadi sebetulnya Menurut pengamatan PBB banyak yang sudah dikerjakan Indonesia, tetapi kita belum pandai menjelaskan. Itu juga tanggung jawab saya," tandasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More