Simak, Ini TIps Berbisnis Online Untuk Karyawan

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Selasa, 22 Jan 2019, 22:07 WIB Ekonomi
Simak, Ini TIps Berbisnis Online Untuk Karyawan

Dok. PT. Dusdusan dotcom Indonesia


MENINGKATNYA laju inflasi setiap tahun membuat harga kebutuhan pokok merangkak naik. Sementara, laju inflasi tidak berbanding lurus dengan kenaikan upah setiap tahunnya. 

Untuk menyiasati pengeluaran wajib setiap bulan, banyak karyawan yang memilih memulai bisnis kecil-kecilan untuk menambah pendapatan mereka, salah satunya berjualan via daring (online).

CEO Dusdusan.com Christian Kustedi membagikan tips bagi karyawan yang ingin memulai bisnis khususnya berbasis online. Menurut Christian, pertama yang harus dilakukan adalah menentukan motivasi berbisnis. 

Sebab, modal materiil saja tidak cukup jika tidak memiliki motivasi yang kuat untuk berbisnis.

“Modal materiil memang penting. Namun, motivasi dalam menjalankan bisnis itu diperlukan karena hal itu yang dapat membangkitkan kita saat kondisi terpuruk. Siapa saja bebas menentukan motivasi masing masing. Misal, untuk biaya sekolah anak, membantu perekonomian keluarga dan sebagainya,” kata Christian dalam keterangan tertulisnya.

Baca jugaIndonesia Harus Manfaatkan Peluang dari Inovasi Digital

Yang kedua, lanjut Christian membuat bisnis yang bermanfaat bagi orang lain. 

“Bila bisnis kita bisa bermanfaat bagi orang lain, Nantinya juga bisa berdampak baik bagi diri kita sebagai efek domino. Ada kepuasan tersendiri jika yang kita lakukan ternyata dapat mengubah hidup orang lain secara lebih baik,” tambahnya.

Tips ketiga adalah terus belajar dan mengembangkan kemampuan bisnis. Di era globalisasi ini arus informasi bergerak cepat. Peluang-peluang baru terus bermunculan. 

Jika tidak ada kemauan untuk belajar beradaptasi dan tidak peka terhadap perubahan sangat memungkinkan akan tertinggal dari orang lain.

“Di era digital saat ini banyak sekali peluang bisnis bermunculan. Mengembangkan bisnis melalui media sosial sudah menjadi hal yang biasa. Namun, untuk dapat mencapai target yang diinginkan, kita harus belajar bagaimana memanfaatkan media sosial secara tepat,” ujar Christian.

Sekadar diketahui, riset Nielsen Connected Commerce pada 2018 menyebutkan, pembelian grosir online global meningkat hingga 15% dalam 2 tahun terakhir. Nielsen mencatat adanya pertumbuhan 1% pada kategorisasi Household care yang sebelumnya tercatat 27% pada 2017 meningkat menjadi 28% pada 2018.

Jadi, sudah siap berbisnis online ? (RO/OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More