Honeywell Dukung Teknologi Penanganan Misi Kemanusiaan

Penulis: (Uud/E-3) Pada: Rabu, 23 Jan 2019, 02:00 WIB Ekonomi
Honeywell Dukung Teknologi Penanganan Misi Kemanusiaan

Ist

PERUSAHAAN bidang industri suku cadang dan peralatan sistem pertahanan PT Honeywell Indonesia siap mendukung langkah pemerintah dalam meningkatkan kemampuan penanganan misi kemanusiaan di daerah bencana.

Hal itu dapat dilakukan dengan menyediakan teknologi command, control, communication, computer, intelligence, surveillance, dan reconnaissance atau dikenal C4ISR.

“Teknologi C4ISR ini selain digunakan di bidang pertahanan, juga bisa dipergunakan untuk operasi kemanusiaan seperti penerbangan yang harus dilakukan ketika terjadi bencana sehingga bantuan bisa cepat dan tepat tiba,” ungkap Presiden Direktur PT Honeywell Indonesia Roy Kosasih di Jakarta, Selasa (22/1).

Menurut Roy, teknologi C4ISR tersebut bisa di-upgrade pada pesawat C-130 Hercules yang kerap dipakai untuk bantuan kemanusiaan di wilayah Asia Pasifik, termasuk Indonesia. “Teknologi C4ISR pada pesawat C-130 bakal membantu pilot yang harus menerbangkan pesawat ke wilayah tidak dikenal dengan rambu-rambu rusak, landasan kotor, dan cuaca tidak menentu,” kata dia.

Selain itu, teknologi C4ISR Honeywell bisa mengintegrasikan beragam platform yang digunakan pesawat-pesawat TNI lainnya, seperti CN 235, Bell 412, C 295, Super Puma.

Ia menjelaskan teknologi C4ISR juga menghadirkan radar cuaca dan antitabrak-an. Hal ini penting agar saat memberikan bantuan darurat dengan kondisi tidak baik, pesawat dapat beroperasi dengan aman dan efisien.

Di sisi lain, kesuksesan setiap misi kemanusiaan juga bergantung pada data yang akurat dan cepat. “Melalui teknologi C4ISR, termasuk sistem komunikasi satelit, kesulitan mengelola data secara real-time, akurat, dan efektif akan teratasi,” terang Roy.

Ia menjelaskan kerangka dan jaringan komunikasi C4ISR yang dihubungkan melalui beragam sensor, baik di darat, udara, maupun laut­an, memberikan kemampuan manajemen data sehingga meningkatkan produktivitas dan efektifitas operasional yang tak tertandingi. Karena itu, ia mengapresiasi pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan yang awal tahun ini berencana membe­li lima pesawat C-130 untuk peremajaan.

“Honeywell bisa membantu mengintegrasikan pesawat baru dengan yang lama dengan program upgrade teknologi agar masa guna armada jadi lebih panjang.”

Roy juga memproyeksikan pasar C4ISR bernilai U$119,39 miliar pada 2022 dan pertumbuhan terbesar akan terus terjadi di Asia Pasifik.

Produk dan sistem ­Honeywell didistribusikan serta digunakan di Indonesia sejak 1974. Pada 1992 Honeywell mendirikan kantor perwakilan di Indonesia yang memelihara jaringan perusahaan distribusi lokal. Saat ini, bisnis Honeywell mempekerjakan lebih dari 900 profesional di Jakarta, Surabaya, dan Batam. (Uud/E-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More