Gempa 6,7 SR di Laut Sumba Dirasakan sampai Denpasar

Penulis: (PO/OL/N-1) Pada: Selasa, 22 Jan 2019, 22:00 WIB Nusantara
Gempa 6,7 SR di Laut Sumba Dirasakan sampai Denpasar

Antara

GEMPA berkekuatan 6,7 skala Richter (SR) terjadi di perairan Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, Selasa (22/1), dirasakan hingga di Pulau Bali. Gempa terjadi pada pukul 12.10 Wita berkedalaman 15 kilometer pada koordinat 10,59 Lintang Selatan dan 119 Bujur Timur, sekitar 114 kilometer barat daya Kota Waikabubak, ibu kota Sumba Barat.

Stasiun Geofisika Waingapu menyebutkan guncangan­ gempa dirasakan II-III MMI di Denpasar, III-IV di Sumbawa, III MMI di Mataram, II-III MMI di Lombok Utara dan barat, serta III-IV MMI di Bima, sedangkan di Waingapu, guncangan gempa dirasakan antara IV MMI.

Pascagempa, pemerintah daerah setempat dan aparat TNI sudah mengecek wilayah terdekat ke lokasi gempa, tetapi tidak ditemukan kerusakan bangunan. “Saat ini kerusakan dan kerugian personel dan materiel nihil,” kata Dandim Sumba Barat, Letnan Kolonel Inf Eko Wardono.

Tercatat sebanyak 17 kali gempa bumi terjadi di Kabupaten Sumba Barat, kemarin. Gempa pertama terjadi pukul 7.59 Wita, sedangkan gempa ke-17 terjadi pukul 12.28 Wita.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Waingapu Arief Tyastama mengatakan belum ada laporan kerusakan bangunan maupun korban jiwa akibat gempa tersebut. “Belum ada informasi terkait dengan kerusakan di lokasi gempa,” kata Arief Tyastama. (PO/OL/N-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More