Kesempatan Barca Cuci Nama

Penulis: Satria Sakti Utama Pada: Rabu, 23 Jan 2019, 00:45 WIB Sepak Bola
Kesempatan Barca Cuci Nama

Emmanuel DUNAND / AFP

KESEMPATAN untuk mencuci nama baik di ajang Copa del Rey didapatkan Barcelona setelah terlepas dari sanksi diskualifikasi Komite Banding Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF). Mereka kini fokus menghadapi Sevilla pada leg pertama babak delapan besar Copa del Rey di Ramon Sanchez Pizjuan dini hari nanti WIB.

Sebelumnya Levante menggugat kemenangan Barcelona di babak 16 Copa del Rey pekan lalu. Mereka melaporkan pelanggaran aturan pertandingan karena Barcelona menurunkan pemain yang mendapatkan sanksi larangan bermain pada laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey. Bek muda Juan Brandariz atau disapa Chumi diketahui mendapatkan hukuman larangan bermain akibat akumulasi kartu kuning ketika membela tim Barcelona B.

Namun, Komisi Disiplin dan Komisi Banding RFEF  memutuskan bahwa Barca tak bersalah lantaran Levante terlambat membuat laporan. Sesuai aturan, sebuah klub bisa melakukan protes kurang dari 48 jam setelah insiden terjadi.

Kabar itu tentu melegakan raksasa Catalan tersebut. Apalagi Barcelona berambisi mencatatkan trebel juara musim ini sekaligus mengulang prestasi tim saat dipimpin Luis Enrique empat tahun lalu.

Kesempatan itu pun tidak akan disia-siakan Ernesto Valverde. Ia akan menurunkan kekuatan terbaik dalam kunjungan ke Sevilla sekaligus mencari modal positif di laga kedua. Duet Lionel Messi dan Luis Suarez akan mengisi lini serang Barcelona.

Selain itu, Philippe Coutinho mendapatkan kesempatan untuk tampil di laga ini. Eks bintang Liverpool ini akan mengisi posisi Ousmane Dembele yang mengalami cedera. Penampilan Coutinho sendiri belakangan dikritik karena gagal memberikan banyak kontribusi bagi tim. Meski begitu, Valverde mengaku akan selalu memberikan dukungan.

"Dia (Coutinho) bermain baik dan selalu mencari bola. Tapi, terkadang dia lebih sukses ketika berada di kesempatan yang lain. Kami ingin dia melanjutkan pekerjaannya," kata Valverde.

Di lain pihak, Sevilla sedang mencoba mengais rasa percaya diri setelah hanya meraih satu kemenangan dalam enam laga terakhir. Pada laga terakhirnya, mereka menyerah 0-2 dari Real Madrid.

Sementara itu, rekor pertemuan melawan Barcelona pun jauh dari kata menguntungkan bagi tim tuan rumah. Sevilla tercatat hanya sekali meraih satu kali hasil seri dalam 11 duel kontra Barcelona. Sisanya mengalami kekalahan.

Kendati demikian, arsitek Sevilla, Pablo Machin mengaku akan berusaha memberikan motivasi kepada Simon Kjaer dkk. "Kami perlu memulihkan kondisi pemain dengan baik karena lawan kami Barcelona. Mereka tim favorit untuk semua pertandingan."

Sekadar hiburan
Dari Inggris, laga semifinal leg kedua Piala Liga Inggris yang mempertemukan Burton Albion dan Manchester City di Stadion Pirelli, dini hari nanti bakal menjadi sekadar pertandingan hiburan. Sebabnya, Burton hampir mustahil menandingi keperkasaan the Citizens yang di pertemuan pertama menang telak 9-0. Target mereka kini hanyalah tampil tanpa beban di depan pendukung sendiri.

Di sisi lain, manajer Manchester City Josep Guardiola akan memanfaatkan laga ini untuk mengistirahatkan banyak pemain utama. Rotasi besar-besaran akan dilakukan Guardiola untuk memberi kesemapatan pada pemain muda.

Nama pemain-pemain belasan tahun seperti Taylor Richard, Luke Bolton, Ian Carlo Poveda, dan terakhir bek tengah Eric Garcia menjadi pemain yang bakal diberikan kesempatan oleh Guardiola. Dari keempatnya hanya Garcia yang telah beraksi untuk tim utama. Ia sebelumnya dimainkan saat melawan Burton di leg pertama babak semifinal dan Leicester City di babak perempat final.

"Saya tak tahu dengan pasti (akan dimainkan atau tidak), tapi ketika di lapangan saya sangat senang berbicara dengan rekan tim saya karena saya bermain di belakang dan bisa melihat semuanya. Saya pikir itu penting," ujar Garcia. (Marca/BBC/R-2

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More