Jika Mundur dari Hanura, KPU Siapkan Teknis Percetakan Surat Suara untuk OSO

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Selasa, 22 Jan 2019, 18:30 WIB Politik dan Hukum
Jika Mundur dari Hanura, KPU Siapkan Teknis Percetakan Surat Suara untuk OSO

MI/M. Irfan

POLEMIK pencalegan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) masih terus diperbincangkan. Hari ini merupakan batas akhir pengunduran diri dari partainya jika ingin masuk dalam daftar calon tetap DPD RI 2019. Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan, pihaknya sudah memiliki mekanisme pencetakan surat suara untuk OSO, jika dirinya mundur.

"Kita sudah punya mekanisme teknis, karena terkait pencetakan surat suara calon anggota DPD (untuk OSO). Daerah pemilihannya kan cuma satu. Sehingga kita atur secara teknis demikian bahwa pencetakan surat suara untuk DPD dalam kurun waktu sudah kita tentukan,"ungkap Wahyu di Gedung KPU, Menteng, Jakarta, Selasa (22/1).

Baca juga: Fadli Zon Sarankan Moderator Debat dari Akademisi

Diketahui, OSO merupakan caleg DPD daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Barat. Produksi surat suara sudah dilakukan oleh perusahaan pencetakan. Menurut Wahyu, pihaknya terus memantau jalannya produksi surat suara hingga selesai.

"Kiita terus memantau sampai saat ini pencetakan surat suara itu berjalan lancar. Sesuai dengan rencana tidak ada kejadian luar biasa terkait dengan pencetakan surat suara," jelas Wahyu.

Soal pengamanan pencetakan surat suara, KPU menjamin dilakukan penjagaan secara ketat 1x24 jam oleh pihak kepolisian ditempat percetakan tersebut.

"Kami tentu saja sudah menyiapkan diri untuk distribusi surat suara, sehingga segala sesuatu terkait dengan pendistribusian logistik pemilu terutama surat suara sudah kami rancang. Termasuk didalamnya kami merancang ke jalur distribusi dan pengamanan jalur distribusi tersebut." pungkasnya.(OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More