Mentan Minta Kementerian ATR Verifikasi Ulang Luas Baku Sawah

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Senin, 21 Jan 2019, 14:40 WIB Ekonomi
Mentan Minta Kementerian ATR Verifikasi Ulang Luas Baku Sawah

MI/Panca Syurkani

MENTERI Pertanian Andi Amran Sulaiman masih terus berupaya mempertahankan data luas baku sawah terdahulu. Ia mengatakan telah mengirim surat ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) untuk melakukan verifikasi ulang terhadap luas baku sawah di beberapa daerah.

Berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan Kementerian ATR yang dikerjasamakan dengan Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi penyusutan lahan sawah signifikan di sebagian daerah sentra padi.

"Percayakan kepada kami dulu, kami meminta verifikasi ulang kepada BPN (Kementerian ATR). Kalau memang data itu benar-benar valid, ya kami bereskan," ujar Amran saat rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (21/1).

Kementan, lanjutnya, tidak bisa membiarkan para petani sengsara lantaran anggaran untuk berbagai program pengembangan dan peningkatan produksi yang seharusnya menjadi hak mereka dipangkas karena adanya kebijakan baru.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kementerian ATR bersama BPS telah mengeluarkan data luas baku sawah terbaru yang dihimpun dengan metode Kerangka Sampel Area (KSA). Pada data anyar itu disebutkan luas baku sawah di Tanah Air hanya 7,1 juta hektare (ha), jauh di bawah data luas sawah lama yang mencapai 8,1 juta ha. (A-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More