Anies: Penertiban Tanah Abang akan Jalan Terus

Penulis: Putri Anisa Yuliani Pada: Senin, 21 Jan 2019, 10:45 WIB Megapolitan
Anies: Penertiban Tanah Abang akan Jalan Terus

MI/ROMMY PUJIANTO

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menjamin penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang melanggar aturan akan terus ditertibkan.

Meskipun pekan lalu terjadi kericuhan dalam proses penertiban terhadap para PKL yang berjualan di Jalan Jati Baru, Tanah Abang yang dilakukan oleh petugas Satpol PP Jakarta Pusat, Anies menjamin pihaknya tidak akan menolerir PKL yang melanggar karena berjualan di trotoar dan badan jalan.

"Penertiban akan jalan terus. Kami akan bertindak tegas," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (21/1).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan ia tidak akan berpihak pada orang yang melakukan pelanggaran aturan meski jumlahnya kecil.

Sebab, penegakkan aturan tidak boleh dilihat berdasarkan jumlah atau ukuran pelakunya tetapi objek yang dilanggarnya.

"Seperti pejalan kaki yang melawan kendaraan bermotor di trotoar, meski hanya satu atau dua motor tapi dia harus tetap ditindak. Sama halnya dengan PKL, jumlah mereka sedikit tapi jika melanggar maka harus ditindak. Bukan ukuran yang dilihat tetapi pelanggarannya," tegasnya.

Baca juga: Ricuh di Tanah Abang, 2 PKL Ditetapkan Tersangka

Meskipun demikian, Anies enggan merinci langkah seperti apa yang akan dijalankan guna menertibkan PKL Tanah Abang yang bak jamur di musim hujan itu. Ia hanya menyebut akan melakukan penertiban dengan sikap profesional.

Sebelumnya pada Kamis (17/1) penertiban PKL di Jalan Jati Baru tepatnya di bawah Jembatan Penyeberangan Multifungsi (JPM) atau 'skybridge' berlangsung ricuh. Pedagang menolak ditertibkan dengan melawan petugas Satpol PP. 

Diduga ada oknum preman serta pedagang yang menjadi provokator kericuhan tersebut. Polsek Tanah Abang pun telah mengamankan tiga orang terduga pelaku dengan dua orang di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka kericuhan. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More