Bandara Baru Yogyakarta Pacu Ekonomi

Penulis: (AT/E-2) Pada: Senin, 21 Jan 2019, 01:00 WIB Ekonomi
Bandara Baru Yogyakarta Pacu Ekonomi

Darmin Nasution -- MI/Panca Syurkani

PEMBANGUNAN Bandar Udara Internasional Yogyakarta Baru (New Yogyakarta International Airport/NYIA) yang terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, diyakini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kita melihat pembangunan bandara ini memiliki multiplier effect cukup besar, baik dari akselerasi ekonomi sekitar, penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan kesejahteraan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution seusai mengunjungi proyek pembangunan NYIA di Yogyakarta, Sabtu (19/1).

Darmin menjelaskan keberadaan bandara internasional itu bisa mendongkrak jumlah kunjungan pariwisata di wilayah Yogyakarta dan kegiatan perekonomian di kawasan Kulon Progo dan sekitarnya. “Pariwisata akan cepat berkembang, jauh lebih cepat dari apa yang kita alami saat ini. Selain itu, selain pariwisata, kerajinan, hasil industri, dan macam-macam itu karena turis pasti belanja,” katanya.

Selain untuk mempermudah akses bagi masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kata darmin, konektivitas udara ini juga diharapkan mampu menyediakan lapangan kerja, khususnya bagi masyarakat sekitar. “Untuk itu, pemeintah sudah menyiapkan pendidikan pelatih­an dan vokasi bagi penduduk sekitar sehingga mereka tidak hanya jadi penonton dari pembangunan ini semua,” ujar Darminn.

Meski siap beroperasi secara terbatas pada April 2019 untuk penerbangan internasional, bandara yang terletak di Kulon Progo itu direncanakan bisa operasional sepenuhnya pada akhir Desember 2019, atau lebih lebih cepat daripada proyeksi awal Juli 2020. “Bandara yang dibangun dekat dengan pantai ini dibuat tahan gempa bumi hingga 8 pada skala Richter dan tsunami hingga 12 meter,” ujar Project Manager Pembangunan NYIA Taochid Purnomo Hadi. (AT/E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More