KPU Diminta Beri Pertanyaan Sama ke Setiap Paslon

Penulis: Akmal Fauzi Pada: Minggu, 20 Jan 2019, 16:47 WIB Politik dan Hukum
KPU Diminta Beri Pertanyaan Sama ke Setiap Paslon

ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) diminta mengevaluasi format debat capres dan cawapres pilpres 2019. Salah satu yang ditekankan yakni terkait adanya undian pertanyaan.

Hal itu disampaikan, Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Rukka Sombolinggi. Ia berpendapat pengajuan pertanyaan dari panelis kepada para pasangan calon (paslon) tidak seharusnya diundi.

Dalam debat pertama, paslon memilih satu dari lima pertanyaan dari satu tema yang ditentukan. Rukka menyayangkan tidak semua pertanyaan dari panelis bisa dibahas.

Padahal, menurut Rukka, ada banyak bahasan penting yang luput untuk dibicarakan dalam Debat Pilpres 2019 lalu.

“Ini bicara soal bangsa dan negara, kok diundi,” kata Rukka di acara diskusi di kawasan Setia Budi, Jakarta, Minggu (20/1).

Menurutnya, paslon mendapat keuntungan karena pertanyaan diundi. Selain sebelumnya sudah mendapat bocoran soal yang akan diajukan panelis dalam debat, tidak semua pertanyaan keluar.

“Kedua paslon sangat mengecewakan. Ini seperti robot, mungkin karena memang sudah tahu ada kisi-kisi,” ujarnya.

Baca juga : KPU Pertimbangkan Ada Pertanyaan Pendalaman Dari Panelis DI Debat Kedua

Ia juga menyarankan agar kedua paslon bisa mendapat pertanyaan yang sama. Dari jawaban itu, kata Rukka, masyarakat bisa menilai dari gagasan yang diberikan paslon.

Di tempat yang sama, Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, setiap tema mempunyai 5 buah pertanyaan.

Persoalan waktu untuk membahas seluruhnya menjadi kendala pembahasan. Namun ia berjanji akan mempertimbangkan usulan tersebut termasuk menjawab pertanyaan yang sama dari setiap tema.

“Mungkin bisa petanyaan sama, sehingga rakyat jelas melihat bagaimana jawaban para paslon,” kata Wahyu.

KPU telah mengadakan rapat pleno evaluasi debat perdana. Salah satu yang sudah dipastikan dari evaluasi itu yakni KPU tidak akan memberikan kisi-kisi pertanyaan di debat kedua.

Sesuai rencana, Debat capres kedua nanti mengusung tema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More