Evaluasi Debat Pilpres 2019, KPU Soroti Durasi dan Jumlah Penonton

Penulis: Akmal Fauzi Pada: Minggu, 20 Jan 2019, 15:48 WIB Politik dan Hukum
Evaluasi Debat Pilpres 2019, KPU Soroti Durasi dan Jumlah Penonton

MI/ROMMY PUJIANTO

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah mengevaluasi seluruh rangkaian debat capres dan cawapres perdana Pilpres 2019. Salah satu poin yang dievaluasi terkait durasi debat.

KPU akan memperbaharui durasi di setiap sesi debat. Hal itu dilakukan agar pesan gagasan dari pasangan calon bisa tersampaikan dengan baik ke publik.

“Durasi akan kami perbaharui. Dalam debat pertama misalnya, penyampaian visi misi dan program dari kandidat hanya tiga menit, ini dirasa kurang, sehingga mungkin akan kita tambah waktunya,” kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan usai acara diskusi di kawasan Setia Budi, Jakarta, Minggu (20/1).

Hal lain yang akan dievaluasi ialah  jumlah undangan pendukung pasangan calon yang ada di ruang debat. Wahyu menjelaskan, keriuhan yang ada di ruang debat dinilai mengganggu esensi debat.

“Kami tentu saja berpihak pada kepentingan rakyat untuk mendapat hak menonton, menyimak, mencermati debat berikutnya itu dengan lebih nyaman dan leluasa. Kalau kemudian undangan di arena debat itu terlalu gaduh maka itu akan merugikan hak rakyat,” kata Wahyu.

Baca juga : Ma'ruf Amin Siap Debat Tanpa Kisi-Kisi Dari KPU

Secara keseluruhan, KPU telah mengevaluasi debat perdana baik secara format maupun mekanisme debat. Ia meyakini, debat kedua yang berlangsung pada 17 Februari nanti akan berlangsung lebih baik.

“Kami rancang agar memungkinkan bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden menunjukkan performa, dan menunjukkan kapasitas terkait penyampaian gagasan-gagasan besar yang tercantum dalam visi misi program untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan,” jelas Wahyu

Salah satu yang sudah dipastikan dari evaluasi itu yakni KPU tidak akan memberikan kisi-kisi pertanyaan di debat kedua.

Sesuai rencana, Debat capres kedua nanti mengusung tema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More