Cile Diguncang Gempa 6,7 SR, Aliran Listrik Terputus

Penulis: Tesa Oktiana Surbakti Pada: Minggu, 20 Jan 2019, 14:48 WIB Internasional
Cile Diguncang Gempa 6,7 SR, Aliran Listrik Terputus

Thinkstock

Gempa berkekuatan 6,7 skala richter (SR) melanda wilayah utara-tengah Cile pada Sabtu waktu setempat.

Survei Geologi Amerika Serikat (AS) menyatakan gempa dengan kedalaman 53 kilometer (km) memiliki pusat gempa sekitar 15 km barat daya Coquimbo. 

Gempa bumi tercatat mengguncang Cile pada 01.32 GMT. Guncangan terasa di wilayah Valparaiso, O'Higgins, Atacama, wilayah utara Coquimbo, hingga ibu kota Santiago.

Petugas dari Kantor Darurat Nasional setempat, Ricardo Toro, mengatakan aliran listrik ke ribuan rumah penduduk terputus. Hal itu menunjukkan seberapa kuat gempa yang melanda. Sejauh ini belum jelas laporan jumlah korban luka, maupun kerusakan bangunan.

Cile merupakan salah satu negara paling rawan gempa di dunia. Gempa Valdivia pada 1960 adalah gempa terdahsyat di negara itu dengan kekuatan 9,5 SR. 

Negara ini berada di zona Cincin Api, yakni busur garis patahan yang mengelilingi Cekungan Pasifik. Selain rawan terjadi gempa bumi, letusan gunung berapi pun mengintai Cile. (AFP/E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More